Ubuntu One, Miliki Personal Could Computing di Ubuntu

Ubuntu One
Ubuntu One

Salah satu fitur unggulan yang ada di rilis terakhir dari Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) adalah Ubuntu One, yang mengijinkan Anda layaknya memiliki cloud computing (Komputasi Awan) personal. Anda bisa membackup data-data penting, sinkronisasi dengan komputer, bahkan men-share data tersebut.

Seiring dengan berkembang pesat teknologi internet sekarang, teknologi cloud computing belakangan ini sedang ramai digunakan berbagai kebutuhan. Dengan cloud computing informasi-informasi (berupa file atau data) tersimpan di server dan tetap tersinkronisasi dengan komputer.

Ubuntu 9.10 mengintegrasikan teknologi “Ubuntu One” di Sistem Operasi, sehingga memudahkan pengguna untuk membackup data-data penting di Internet, tersinkronisasi di komputer, dan Anda bisa men-share data-data public, baik itu proyek atau data tim kerja ke siapa pun dan di mana pun.

Berikut fitur yang diberikan Ubuntu One :

  • Mendapatkan 2 GB tempat penyimpanan gratis,
  • Sinkronisasi file-file komputer ke Internet (Cloud) dan sebaliknya,
  • Sinkronisasi Tomboy Note ke Ubuntu One,
  • Menyimpan Kontak.

Jika Anda sudah menginstal Ubuntu 9.10, fitur ini dapat diakses dari menu ‘Application >> Internet >> Ubuntu One’, jika rilis Ubuntu yang digunakan 9.04, Anda bisa menginstal aplikasi client “Ubuntu One”.

Ubuntu One dapat di akses langsung dari web
Ubuntu One dapat diakses langsung dari web
Sinkronisasi File-file di kompoter ke Internet dan sebaliknya dengan Ubuntu One
Sinkronisasi file-file di komputer ke Internet dan sebaliknya dengan Ubuntu One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *