Aplikasi yang Dapat Menunjang Produktifitas

Tomboy Notes
Tomboy Notes, Aplikasi Pencatat Singkat

Tentunya kemajuan teknologi berdampak positif pada peningkatan produktifitas kerja dalam berbagai kegiatan, termasuk salah satunya meningkatkan produktifitas kerja. Pemilihan Perangkat Lunak atau Aplikasi Komputer yang tepat untuk peningkatan produktifitas kerja sangat dibutuhkan, selain untuk meningkatkan kecepatan kerja, juga ketepatan dalam bekerja.

Saung FOSS pada artikel kali ini menyajikan informasi tentang Perangkat Lunak apa saja yang disarankan untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Tentunya selain produk Open Source bersifat bebas dari biaya lisensi yang mampu menekan biaya penyediaan perangkat lunak, juga untuk meningkatkan hasil yang ingin diperoleh dari usaha yang Anda lakukan.

OpenOffice.org, Kumpulan Apliksi untuk Produktifitas

Kebutuhan yang rata-rata mendasar ketika bekerja dengan komputer adalah mengetik, membuat perhitungan dengan komputer, ditambah lagi jika membutuhkan presentasi untuk menyampaikan sesuatu. Aplikasi populer yang banyak dipakai kebanyakan pengguna komputer adalah Microsoft Office, yang terdiri dari Microsoft Word untuk mengolah teks atau untuk kegiatan pengetikan, Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan dalam bentuk tabel atau statistik yang disajikan dalam bentuk grafik, dan Micosoft Powerpoint untuk membuat presentasi. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut jika perusahaan Anda mempunyai anggaran untuk membeli lisensi perangkat lunak komersial tersebut, tapi jika ingin menghemat anggaran untuk penyediaan perangkat lunak kantoran, OpenOffice.org adalah solusinya.

Tidak kalah dengan Perangkat Lunak kantoran lainnya, OpenOffice.org sudah menjawab kebutuhan kantor yang paling sering digunakan. Bukan sekedar gratis atau bebas biaya lisensi, OpenOffice.org juga kaya akan fitur di dalamnya, tak kalah dengan aplikasi-aplikasi kantoran komersial lainnya. Disebut kaya dengan fitur karena satu paket aplikasi kantoran OpenOffice.org lengkap dengan pengolahan teks, spreadsheet (tabel dan grafik), presentasi, database dan masih banyak lagi.

OpenOffice.org terdiri dari:

  • Writer, untuk pengolahan teks,
  • Calc, untuk pengolahan spreadsheet (perhitungan, tabel dan grafik statistik),
  • Impress, untuk pengolahan presentasi,
  • Draw, untuk pengolahan gambar vektor,
  • Base, untuk pengolahan database (basis data).
calc, openoffice.org
Calc, salah satu aplikasi OpenOffice.org yang digunakan untuk pengolahan spreadsheet (sumber gambar: openoffice.org)

Website: http://www.openoffice.org

KOffice, Kumpulan Apliksi untuk Produktifitas

KOffice juga sekumpulan aplikasi kantoran (Office Suite) seperti OpenOffice.org, sama-sama Perangkat Lunak Bebas dan Opensource, hanya saja KOffice biasanya disertakan dalam Lingkungan Desktop KDE. Jika Sistem Operasi Bebas yang Anda gunakan menggunakan Lingkungan Desktop KDE, aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam KOffice biasanya terinstal sebagai aplikasi bawaan.

Walau KOffice biasanya dijalankan di Lingkungan Desktop KDE, bukan berarti KOffice tidak dapat dijalankan di Lingkungan Desktop lain, seperti GNOME. Masalah fitur dan kemudahan tidak perlu diragukan lagi, KOffice juga kaya akan fitur dan lebih dari cukup untuk menunjang produktifitas kerja.

Paket KOffice terdiri dari:

  • KWord, aplikasi pengolah kata yang intuitif dengan fitur desktop publishing,
  • KSpread, aplikasi pengolahan spreadsheet yang kaya akan fitur,
  • KPresenter, aplikasi untuk membuat presentasi,
  • Kexi, pengolahan data yang terintegrsi,
  • KPlato, untuk perencanaan proyek,
  • Kivio, untuk membuat diagram, chart / bagan,
  • Karbon, untuk membuat gambar viktor,
  • Krita, untuk pengolahan gambar citra atau foto.
koffice-kword
KWord, salah satu aplikasi kantoran dari KOffice yang digunakan untuk pengetikan dan pengolahan teks (sumber gambar: koffice.org)

Website: http://www.koffice.org

Tomboy, Aplikasi Pencatat

Tuliskan ide-ide singkat ke dalam aplikasi ringan Tomboy, agar ide-ide segar Anda tidak hilang begitu saja. Itu lah kegunaan Tomboy, poin-poin penting dalam ide bisa Anda catat dalam Tomboy, sebuah aplikasi pencatat.

Anda dapat mengorganisasikan catatan-catatan ke dalam Notebooks (Buku Catatan), istilah yang digunakan aplikasi Tomboy untuk mengklasifikasi catatan Anda. Ringan dan sederhana, tapi juga cukup efektif untuk proses pencatatan, terutama catatan yang penting. Di dalam pengolahan teks catatannya, Anda bisa memasukkan Link, menebalkan (bold), memberikan pewarnaan (highlight), mencoret tulisan dan fitur lainnya.

tomboy notes
Catat ide-ide segar Anda secara singkat dengan aplikasi Tomboy

Website: http://projects.gnome.org/tomboy/

Planner, Aplikasi Pengelola Proyek

Anda punya proyek dengan sejumlah sumber daya, baik manusia, waktu atau anggaran, yang harus dilaksanan dengan baik dan mencapai hasil yang baik pula, aplikasi Planner solusi yang tepat untuk mengatur proyek-proyek yang Anda kerjakan. Planner adalah aplikasi Open Source untuk mengatur proyek.

Anda bisa mengatur rencana atau schedule, sumber daya dan berbagai kebutuhan proyek Anda. Perkembangan proyek bisa dilihat dari Gantt Chart, membuat jadwal pekerjaan (Task), melihat sumber daya yang digunakan dan hasil akhirnya dapat Anda ekspor ke dalam HTML (format web).

planner
Atur proyek-proyek Anda dengan Planner (sumber gambar: gnome.org)

Website: http://live.gnome.org/Planner

Dia, Aplikasi Editor Diagram

Dari sekian banyak aplikasi membuat berbagai bagan / chart, Dia dapat diandalkan untuk sebagai diagram editor atau pengolah diagram. Bukan sekedar membuat diagram alur, Dia mempunyai fitur untuk membuat diagram basis data (database), diagram dalam bentuk infrastruktur jaringan, sampai dengan membuat diagram UML (Unified Modeling Language) yang biasa dipakai oleh pengembangan membangun aplikasi berorientasi objek atau bentuk-bentuk lainnya.

Aplikasi Dia bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan diagram dan tak kalah dari aplikasi pengolahan diagram lain baik yang berbayar maupun yang Open Source.

dia-diagram
Dia Diagram, Aplikasi untuk membuat diagram

Website: http://projects.gnome.org/dia/
Untuk Windows : http://dia-installer.de/index_en.html

Evince, Aplikasi Pembaca PDF

Hampir kebanyakan dokumen-dokumen dalam bentuk digital berformat PDF (Portable Document Format), ketika Anda mendownload dokumen atau buku digital (e-book) biasanya format yang dipakai adalah PDF. Untuk dapat membaca dokumen dengan format PDF digunakan aplikasi PDF Reader (Pembaca PDF), Evince adalah salah satu aplikasi Open Source yang digunakan untuk membaca dokumen dalam bentuk PDF.

Jika Lingkungan Desktop yang digunakan oleh Sistem Operasi adalah GNOME, biasanya Distribusi Sistem Operasi Bebas menyertakan Evince sebagai aplikasi pembaca PDF bawaan.

evince pdf reader
Evince, aplikasi Open Source untuk membaca dokumen dengan format PDF (sumber gambar: gnome.org)

Website: http://projects.gnome.org/evince/

Sunbird, Aplikasi Pengelolaan Kalender

Atur jadwal kegiatan Anda menggunakan Sunbird, aplikasi Open Source dari Mozilla untuk mengelola Kalender. Di Sunbird, Anda dapat menentukan Event dan Task dari kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan. Anda pun dapat melihat jadwal kegiatan yang telah ditentukan dalam bentuk harian, mingguan, bahkan bulanan. Dengan Sunbird rutinitas dan kesibukan Anda menjadi lebih teratur dan terarah.

aplikasi kalender
Atur kegiatan Anda dengan aplikasi pengolahan Kalender Sunbird (sumber gambar: mozilla.org)

Website: http://www.mozilla.org/projects/calendar/sunbird/

Aplikasi Mana yang Anda Pilih ?

Banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu produktifitas kerja, baik yang Open Source atau free maupun yang komersial atau berbayar. Semuanya tergantung dari kebutuhan mana yang wajib Anda atau organisasi Anda gunakan. Selain perhitungan anggaran untuk pengadaan perangkat lunak, sumber daya pemakai serta kemudahan pemakai menjadi salah satu pertimbangan untuk memakai aplikasi-aplikasi penunjang produktifitas kerja. Tapi dengan aplikasi-aplikasi yang menunjang produktifitas adalah aplikasi Open Source, tentunya anggaran kebutuhan perangkat lunak bisa ditekan sehingga Anda hanya memperhitungkan penggunaan aplikasi yang dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *