Menjajal Tampilan Firefox 4 Beta

firefox 4 tabs on top thumb
Bentuk tampilan Firefox 4

Penggemar perambah web (web browser) besutan Mozilla ini tentunya tidak sabar menantikan kehadiran rilis terbaru Firefox 4. Berdasarkan jadwal yang diambil dari wikipedia, Firefox akan dirilis pada November 2010, atau berdasarkan sumber lain mengatakan paling lambar akhir 2010. Walau rilis resmi akan diumumka pada November 2010, para penggemar Firefox dapat menjajal versi Beta dengan rilis terakhir pada 24 Agustus 2010 kemarin.

Browser modern bukan hanya sekedar digunakan untuk berselanjar di dunia maya, melainkan harus memenuhi kriteria menarik, nyaman, cepat dan aman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Firefox 4 mengusung banyak perbaikan dan penambahan fitur, baik dari sisi tampilan, kecepatan, teknologi dan keamanan. Saung FOSS telah menjajal ketangguhan Firefox 4 pada dua sistem operasi yaitu Linux (Ubuntu) dan Windows Vista, dan mencoba melihat bagaimana tampilan terbaru mampu menarik pengguna.

Berikut fitur-fitur terbaru dari Firefox 4 dari segi tampilan:

Tabs on Top (Tab di Atas)

Jika pada sebelumnya Tab Firefox berada di bawah, maka untuk rilis terbaru Firefox menempatkan posisi tab berada di atas. Jika Anda pernah menggunakan Google Chrome, fitur Tabs on Top pada Firefox 4 mirip dengan peletakan tab yang ada di Google Chrome. Selain itu, peletakan posisi tab juga dapat diatur kembali baik di atas maupun di bawah sesuai dengan keinginan, dengan cara klik kanan pada tabs bar, dan uncheck pilihan “Tabs on Top”.

Firefox 4 Tabs on Top
Fitur Tabs on Top pada Firefox 4

Firefox Button

Firefox 4 meringkas menu dengan memunculkan fitur Firefox Button yang diletakkan di bagian kiri atas aplikasi, membuat akses lebih cepat dan ringkas. Pada rilis terakhir Beta 4, fitur Firefox Button hanya bisa digunakan pada Windows Vista dan Windows 7, untuk sistem operasi lain akan menyusul. Sama seperti fitur Tabs on Top, Firefox Button dapat diubah kembali menjadi menu biasa sesuai dengan keinginan pengguna.

Firefox Button
Firefox Button membuat akses menu menjadi lebih cepat

Firefox Panorama

Fitur lain yang menarik adalah Firefox Panorama. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur sendiri tab untuk dikelompokkan menjadi beberapa group. Dengan mengklik tombol “Group Your Tabs” yang ada di bagian paling kanan tabs bar, pengguna akan dibawa ke jendela “Firefox Panorama”. Di jendela ini, pengguna dapat mengatur sedemikian rupa tab-tab yang berisikan halaman web sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Pengguna hanya melakukan drag-and-drop dalam jendela, dan dapat bereksplorasi lebih pada fitur yang satu ini.

Firefox4 Panorama
Firefox Panorama, atur tabs sedemikian rupa sesuai kebutuhan pengguna

Firefox 4 Beta tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Linux serta tersedia dalam berbagai dukungan bahasa, silahkan kunjungi http://www.mozilla.com/en-US/firefox/beta/

Referensi:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Mozilla_Firefox_4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *