Open Source Software untuk Alternatif Aplikasi Kantoran

Tiga kebutuhan perangkat lunak (software) dasar dalam memenuhi kebutuhan kerja perkantoran atau sering dikenal dengan istilah office suite biasanya adalah aplikasi untuk pengetikan, pengolahan spreadsheet (lembar kerja) dan presentasi. Kebutuhan dasar tersebut biasanya dibutuhkan dalam pekerjaan untuk usaha skala kecil sampai menengah (UKM). Dari ketiga kebutuhan perangkat lunak tersebut, ada beberapa alternatif yang diberikan perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software) yang mampu menjawab tiga kebutuhan dasar tersebut.

Tentunya, dengan solusi yang diberikan oleh perangkat lunak sumber terbuka mampu menekan anggaran biaya pengadaan perangkat lunak untuk pengadaan aplikasi komputer kantoran, karena yang diberikan oleh aplikasi-aplikasi untuk kantoran biasanya juga berupa perangkat lunak bebas (free software) yang siapa pun dapat menggunakannya tanpa harus membayar lisensi perangkat lunak. Tidak kalah dengan aplikasi kantoran komersial dan tertutup, aplikasi kantoran berbasis sumber terbuka dapat diandalkan memenuhi kebutuhan pekerjaan Anda.

OpenOffice.org

Aplikasi kantoran yang lengkap dan kaya fitur. Dalam pemenuhan kebutuhan dasar perkantoran dapat dikatakan sudah lebih dari cukup. Dalam penyimpanan data, OpenOffice.org menyimpan data dalam bentuk standar terbuka internasional yaitu standar Open Document, seperti ekstensi .odt untuk file dokumen teks, .ods untuk untuk file spreadsheet, dan .odp untuk file presentasi. Sehingga data yang disimpan tersebut, dapat dibuka oleh aplikasi kantoran lainnya yang mendukung standar Open Document. Selain itu mendukung pula file-file dengan ekstensi .doc, .xls, dan .ppt yang biasanya disimpan oleh aplikasi kantoran Microsoft Office, atau format Open Office XML seperti .docs, xlsx, dan pptx sebagai format standar dari Microsoft Office 2007 ke atas.

OpenOffice.org dapat dijalankan di Linux, Microsoft Windows, dan Mac OS X. Sehingga Openoffice.org di platform apa pun pengguna bekerja, file-file Openoffice,org dapat di buka di mana saja. Openoffice.org juga mendukung berbagai bahasa dan tersedia banyak ekstensi untuk memperkaya kinerja aplikasi kantoran.

Berikut aplikasi-aplikasi kantoran yang dipaket oleh OpenOffice.org
OpenOffice.org Writer, Aplikasi kantoran untuk pengolahan teks atau dokumen.
OpenOffice.org Calc, untuk pengolahan spreadsheet (perhitungan, tabel dan grafik statistik)
OpenOffice.org Impress, untuk pengolahan presentasi.

openoffice.org writer
OpenOffice.org Writer, Aplikasi kantoran untuk pengolahan teks atau dokumen
openoffice.org calc
OpenOffice.org Calc, untuk pengolahan spreadsheet (perhitungan, tabel dan grafik statistik)
openoffice.org impess
OpenOffice.org Impress, untuk pengolahan presentasi

Anda bisa mendownload secara bebas perangkat lunak OpenOffice.org dari situs: http://www.openoffice.org

OxygenOffice

Salah satu manfaat dari perangkat lunak sumber terbuka adalah siapa pun dapat memodifikasi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan dan dapat didistribusikan kembali. OxygenOffice adalah hasil modifikasi dari OpenOffice.org dengan penambahan-penambahan fitur di dalamnya, kemudian didistribusikan kembali dengan perangkat lunak bernama OxygenOffice.

Paket aplikasi yang ada di dalam OxygenOffice hampir sama dengan OpenOffice.org, dengan penambahan sebagai berikut:

  • Cliparts yang menarik, foto dan objek 3D
  • Font (huruf)
  • Contoh-contoh
  • Dokumentasi pengguna
  • VBA makro dukungan dalam Calc
  • Peningkatan fitur Palet untuk warna, hatching, gradien dan lainnya
  • Peningkatan fasilitas impor seperti Office Open XML (Microsoft Office 2007), Works, WordPerfect, WordPerfect Grafis, filter impor T602
  • Peningkatan kinerja
  • Peningkatan kemampuan SVG
  • dan lain sebagainya
OxygenOffice
OxygenOffice, aplikasi kantoran pengembangan dari OpenOffice.org (sumber: sourceforge.net)

Untuk mendownload perangkat lunak OxygenOffice dari situs: http://sourceforge.net/apps/trac/ooop/wiki

KOffice

KOffice juga sekumpulan aplikasi kantoran (Office Suite) seperti OpenOffice.org, sama-sama perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, hanya saja KOffice biasanya disertakan dalam lingkungan desktop KDE. Jika sistem operasi bebas yang Anda gunakan menggunakan lingkungan desktop KDE, aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam KOffice biasanya terinstal sebagai aplikasi bawaan.

Walau KOffice biasanya dijalankan di lingkungan desktop KDE, bukan berarti KOffice tidak dapat dijalankan di lingkungan desktop lain, seperti GNOME. Masalah fitur dan kemudahan tidak perlu diragukan lagi, KOffice juga kaya akan fitur dan lebih dari cukup untuk menunjang produktifitas kerja.

Kword, Aplikasi ini dapat digunakan sebagai aplikasi pengolahan teks atau dokumen untuk profesional atau sesuai kebutuhan pengguna. Bukan sekedar aplikasi pengolahan kata, aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai aplikasi ‘desktop publishing’.

koffice kword
KWord, aplikasi KOffice untuk pengolahan teks dan dukomen

Kspread, aplikasi spreadsheet yang cukup tangguh, Anda dapat membuat tabel, perhitungan formula matematika yang kompleks, dan statistik.

koffice kspread
KOffice, aplikasi KOffice untuk pengolahan spreadsheet

Kpresenter, aplikasi untuk membuat presentasi yang mudah dan fleksibel, kaya dengan elemen-elemen dalam presentasi seperti teks, grafik, image, bagan, efek dan lain sebagainya.

koffice kpresenter
Kpresenter, aplikasi KOffice untuk pengolahan presentasi

Untuk mendownload perangkat lunak Koffice dari situs: http://www.koffice.org/

Abiword

Jika aplikasi seperti OpenOffice atau KOffice terlalu berat untuk perangkat komputer yang digunakan, Abiword salah satu perangkat lunak sumber terbuka dapat dijadikan pilihan yang tepat. Aplikasi pengolahan teks dan dokumen ini kaya akan fitur tetapi ringan digunakan di sistem komputer yang berjalan. Mendukung berbagai format file dokumen seperti ODT, WordPerfect, dan format lainnya.

abiword
Abiword, aplikasi pengolahan teks dan dokumen yang ringan (sumber: abisource.com)

Aplikasi ini dapat dijalankan di Linux, Microsoft Windows, dan Mac OS X. Untuk mendownload perangkat lunak Abiword dari situs: http://www.abisource.com/

Gnumeric

Sama halnya dengan Abiword, Gnumeric juga perangkat lunak sumber terbuka yang ringan. Perangkat lunak ini digunakan sebagai aplikasi pengolahan spreadsheet, diantaranya tabel, grafik, dan bagan. Mendukung berbagai format di antaranya :

  • Microsoft Excel 97/2000/XP (.xls)
  • Microsoft Excel 95 (.xls)
  • OASIS XML, OpenOffice.org XML, StarOffice (.sxc)
  • Comma/Character Separated Values (.csv)
  • Data Interchange Format (.dif)
  • Applix version 4 (.as)
  • GNU Oleo (.oleo)
  • Linear and integer program expression format (.mps)
  • Lotus 1-2-3 (.wks, .wk1)
  • MS MultiPlan SYLK (.sylk)
  • WordPerfect family “Plan Perfect” (.pln)
  • Quattro Pro ™
  • XSpread atau SC
  • XBase (.dbf)
gnumeric
Gnumeric, aplikasi pengolahan spreadsheet yang ringan (sumber: gnome.org)

Aplikasi ini dapat dijalankan baik di Linux maupun di Windows. Untuk mendownload perangkat lunak Gnumeric dari situs: http://projects.gnome.org/gnumeric/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *