Menjalankan Flash Movie di Linux dengan GNU Gnash

gmail thunderbird inbox thumb

Menjalankan Flash Movie dengan Gnash

Flash movie merupakan file format animasi yang cukup populer. File format ini berisikan animasi interaktif dan dapat menjalankan konten berisi audio dan video. Sering digunakan untuk membuat website lebih interaktif dengan berbagai animasi, menjalankan file format audio seperti mp3 dan video seperti flv, sampai dengan untuk membuat permainan online.

Di Linux, file format flash movie yang berisikan ekstensi .swf ini dapat dijalankan dengan menggunakan GNU Gnash. Aplikasi ringan ini berfungsi untuk menjalankan file flash movie, mampu menjalankan banyak fitur SWF versi 7, dan beberapa fitur versi 8 dan versi 9. Walaupun Gnash belum mendukung SWF versi 10, tapi Gnash sudah lebih dari cukup untuk menjalankan file-file flash movie di Linux.

Berikut panduan singkat menginstal dan menggunakan Gnash:

Instalasi Gnash

Gnash mendukung berbagai platform sistem operasi, di antaranya: Debian, Fedora, Red Hat Enterprise Linux, Windows, dan Ubuntu. Untuk pengguna Debian dan Ubuntu, Gnash dapat diinstal dengan menjalankan perintah teks (command line) sebagai berikut:

$ sudo apt-get install gnash

Jika menggunakan sistem operasi Ubuntu, Anda dapat menginstal dari aplikasi Ubuntu Software Center, lalu masukkan kata “gnash” pada fasilitas pencarian (search). Untuk sistem operasi lain, Anda dapat mendownload dari url: http://getgnash.org/

Menjalankan Gnash

Anda dapat menjalankan file-file flash movie dengan menggunakan Gnash baik dengan perintah teks atau dari file manager. Untuk menjalankan dengan perintah teks sebagai berikut:

$ gnash file_flash.swf

Jika ingin menjalankan langsung dengan File Manager, caranya buka aplikasi File Manager seperti Nautilus di desktop GNOME atau Konqueror di desktop KDE. Kemudian pilih file flash swf, klik kanan pada file tersebut, lalu pilih Open with “Gnash SWF Viewer”.

gnash

Menjalankan file flash movie SWF dengan Gnash melalui File Manager

gnash

Menjalankan file flash movie SWF dengan Gnash

Informasi tentang Gnash

Untuk mendapatkan informasi lebih detil tentang Gnash, silahkan kunjungi link dibawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *