Menantikan Rilis Ubuntu 10.10 pada 10-10-10

maverick interface
Tampilan Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

Ada yang menarik dengan deretan angka “10.10 10-10-10″. Deretan angka tersebut mengacu pada tanggal yang dinantikan oleh komunitas Ubuntu dan open source di seluruh dunia, yaitu pada 10 Oktober 2010. Rilis terbaru Ubuntu 10.10 yang diberi nama “Maverick Meerkat” akan dirilis secara resmi pada 10 Oktober. Tanggal rilis resmi menjadi rentetan bilangan yang menarik, Ubuntu 10.10 pada 10-10-10. Sehingga rentetan bilangan 10 begitu dinantikan oleh komunitas Ubuntu dan open source di seluruh dunia, bahkan di channel milik ubuntufoundations di Youtube, dimuat video tentang rilis Ubuntu 10.10 dengan judul “Perfection is Coming”.

Banyak perubahan dan penambahan yang terjadi di rilis Ubuntu 10.10 dari rilis sebelumnya Ubuntu 10.04 LTS, di antaranya proses booting lebih cepat, tampilan tema (themes) berbeda dari rilis sebelumnya, mendukungmultimedia playback seperti mp3 dan banyak fitur lainnya. Jika Anda tidak sabar menantikan rilis resmi pada tanggal 10 Oktober nanti, Anda bisa menjajal versi alphabeta, atau release candidate yang sudah dirilis pada 1 Oktober kemarin. Anda perbaikan dan perubahan yang menarik yang harus Anda coba pada rilis Ubuntu 10.10.

Bootup lebih cepat

Maverick menggunakan kernel Linux terbaru 2.6.35, membuat proses bootingmenjadi lebih cepat. Splashscreen sebelum masuk ke Ubuntu hampir sama dengan rilis Ubuntu 10.04, latar belakang ungu dengan logo Ubuntu yang di bawahnya terdapat progress bar.

Installer Baru

Anda bisa menggunakan Live CD untuk menjajal Ubuntu sebelum diinstal di komputer, terutama untuk mencoba kompetibelitas dengan perangkat keras (hardware) yang dipakai. Ketika Ubuntu versi Live berjalan di komputer, Anda bisa melakukan instalasi dengan aplikasi installer yang disediakan. Jika Anda telah berpengalaman dengan instalasi Ubuntu di rilis-rilis sebelumnya, Anda akan menemukan perbedaan di installer Maverick. Lebih sederhana dan menarik, baik dari sisi tampilan antar muka (user interface) maupun dari sisi fungsionalnya.

maverick-installer
Menginstall Ubuntu 10.10 dengan Live CD

Mendukung Multimedia Playback

Berbeda dengan rilis sebelumnya yang tidak menyertakan multimedia playback berlisensi seperti mp3, ketika instalasi Ubuntu 10.10 disediakan opsi“Multimedia Playback” yang mendukung MP3, Flash dan media lainnya.

maverick multimedia playback
Memilih opsi Multimedia Playback untuk menginstal perangkat lunak yang mendukung format media seperti mp3, flash, dan lainnya

Tampilan antar muka

Sejak rilis Ubuntu 10.04, Ubuntu menyertakan dua tema bawaan yaitu Ambiance dan Radiance dengan tema default Ambiance. Yang berbeda dari Ubuntu 10.10 adalah pada icon closeminimize dan maximize.

maverick interface
Tampilan antarmuka Maverick Meerkat

Di rilis ini juga merapihkan icon humanity dengan icon direktori dan tombol toolbar baru di Nautilus File Manager, seperti icon ‘home’ yang berbeda pada rilis sebelumnya.

maverick icon humanity
Icon humanity pada File Manager Maverick

Yang tak kalah menariknya, Maverick menyediakan wallpaper menarik untuk mempercantik bentuk tampilan desktop, mulai dari wallpaper dengan gambar natural sampai dengan bentuk abstrak.

Pengelolaan Foto dengan Shotwell

Jika di rilis sebelumnya F-Spot digunakan sebagai aplikasi pengelola foto, berbeda di rilis terbaru Ubuntu 10.10. Maverick menggunakan Shotwell sebagai aplikasi pengelola foto bawaan. Shotwell sebagai aplikasi untuk mengelola foto menyediakan fitur yang menarik, mulai dari impor, edit sampai dengan publikasi ke jejaring sosial seperti Facebook, Flikr dan Picassa.

maverick shotwell
Shotwell sebagai aplikasi pengelolaan foto bawaan di Maverick

Video Editing dengan PiTiVi

PiTiVi menjadi aplikasi Video Editor yang pertama kali disertakan di rilis Ubuntu. Kini di Maverick, Anda bisa melakukan editing video langsung dengan PiTiVi, mulai dari mengimpor, memotong, menggabung dan me-render ke format video yang diinginkan.

maverick pitivi
Video Editor di Maverick

Aplikasi Lainnya

Ubuntu selalu menyertakan berbagai aplikasi-aplikasi lengkap untuk kebutuhan komputer desktop, mulai dari aplikasi kantoran sampai dengan kebutuhan online di Internet. Berikut beberapa aplikasi daftar aplikasi yang disertakan di Ubuntu:

Aplikasi Kantoran

  • Word Processor
  • Spreadsheet
  • Presentation
  • Calender

Aplikasi Multimedia

  • Photo Manager
  • Music Player
  • Movie Player
  • Video Editor

Internet

  • Web browser
  • Instant Messanging
  • Social Broadcast (mendukung Facebook, Twitter, Identica)
  • Email Client
maverick music one
Aplikasi Ubuntu One Music dengan akses Internet yang diintegrasikan dengan Music Player di Maverick

Anda dapat mengunduh Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) release candidatedari miror Indonesia di url: http://ubuntu.pesat.net.id/releases/10.10/

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *