Mengakses Account Gmail dengan Klien Email Thunderbird 3

gmail thunderbird inbox thumb

Mengakses account Gmail dengan Thunderbird 3

Jika Anda terbiasa mengakses layanan email dari Google (Gmail) langsung lewat perambah web (web browser), Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengakses account gmail yang Anda miliki lewat aplikasi klien email (email client) seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird. Gmail mengijinkan layanan email gratisnya untuk dapat diakses lewat aplikasi klien email melalui protokol POP atau IMAP. Artinya, tanpa perlu mengakses situs Gmail di http://www.gmail.com, Anda bisa membuka email Gmail lewat aplikasi klien email kesukaan Anda.

Berikut tutorial singkat tentang mengakses account Gmail dengan Thunderbird 3.

Setting Gmail

Pertama yang dilakukan adalah melalukan setting (pengaturan) di account Gmail agar membuka protokol POP atau IMAP di account Gmail yang Anda miliki. Terlebih dahulu Anda masuk ke account Gmail lewat perambah web, lalu pada klik link “Settings” di bagian atas dan pilih tab “Forwarding and POP/IMAP”.

Setting akses POP / IMAP di Gmail

Setting akses POP / IMAP di Gmail

Anda dapat menentukan setting yang dinginkan. Anda bisa memilih protokol POP 3 untuk mengunduh seluruh isi email terbaru dari Gmail, atau menggunakan protokol IMAP jika hanya ingin mengunduh header email tanpa harus mengunduh seluruh isi email terbaru.

Settup account di Thunderbird 3

Setelah selesai melakukan setting account Gmail, langkah selanjuatnya adalah membuat account di Thunderbird. Pada aplikasi Thunderbird 3, pilih menu “Edit >> Account Settings …”. Setelah muncul jendela “Account Settings”, pilih opsi “Account Action >> Add Mail Account …”.

gmail thunderbird account settings

Setting account di Thunderbird 3

Selanjutnya akan muncul jendela “Mail accunt setup”, masukkan nama Anda pada kotak “Your Mail”, masukkan pula account Gmail pada kotak “Email address” beserta passwordnya di kotak “Password”. Klik tombol “Continue” jika telah selesai melakukan konfigurasi pertama membuat account di Thunderbird 3.

gmail thunderbird account setup1

Konfigurasi account Google di Thunderbird 3

Secara bawaan, Thunderbird mendukung akses email di Gmail. Sehingga secara otomatis, Thunderbird akan memproses langsung konfigurasi account email yang telah dimasukkan sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai Thunderbird menyelesaikan proses konfigurasi secara otomatis, setelah selesai klik tombol “Create Account”.

gmail thunderbird account setup2

Thunderbird melakukan konfigurasi otomatis account Gmail

Pastikan account Gmail beserta password yang dimasukkan benar. Jika semuanya berjalan dengan lancar, berarti account Gmail berhasil dibuat di Thunderbird.

Membuka Inbox dan Mengambil Email

Setelah pembuatan account Gmail selesai, Anda bisa mengakses email Gmail Anda melalui Thunderbird. Ambil terlebih dahulu email-email yang tersimpan di account Gmail Anda. Klik icon “Get Mail” di toolbar Thunderbird.

gmail-thunderbird-getmail

Mengambil email di account Gmail

Setelah email-email yang tersimpan di Gmail terambil, Anda dapat melihat semua pesan yang masuk baik yang baru atau lama di folder “Inbox”. Selanjutnya, Anda dapat mengirim (compose) email atau membuang email yang tidak terpakai langsung dari Thunderbird tanpa perlu mengunjungi situs web Gmail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *