5 Kustomisasi dan Konfigurasi Pertama pada Maverick (Ubuntu 10.10)

maverick appearance
Jendela Appearance

Secara bawaan, Ubuntu didisain sedemikian rupa oleh para pengembangnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna desktop, baik dari sisi tampilan maupun fungsionalitasnya. Selain itu sistem operasi bebas ini dikembangkan untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan pengguna, baik pengguna awal sampai dengan pengguna mahir. Yang dibutuhkan pengguna saat mengoperasikan sistem operasi (operating system) berbasis desktop adalah kenyamanan saat menggunakannya, terutama jika pengguna dituntut untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam bekerja di depan komputer. Lingkungan desktop modern sudah seharusnya menyediakan fasilitas untuk melakukan kostumisasi dan konfigurasi yang mudah agar pengguna dapat menentukan sendiri bagaimana bentuk tampilan atau fungsionalitas dari komputer desktop yang diinginkan.

Pada tanggal 10 Oktober 2010 kemarin, Ubuntu 10.10 dengan nama Maverick Meerkat resmi dirilis. Dengan rilis tersebut, Ubuntu semakin matang sebagai salah satu sistem operasi bebas yang diperuntukan untuk desktop dan netbook. Dari bentuk tampilan dengan tema bawaan yang nyaman dilihat, wallpaper indah yang banyak disediakan komunitas, sampai dengan kebutuhan multimedia seperti editing & publishing foto, pemutar musik (music player) yang terhubung ke layanan penyedia musik Ubuntu One Music dan melakukan editing video. Ditambah lagi sebagai sistem operasi bebas, Ubuntu dapat diunduh dan dipakai secara bebas tanpa harus membayar lisensi perangkat lunak, sehingga tidak ada alasan pengguna komputer desktop untuk menggunakan sistem operasi bebas ini.

Saung FOSS memberikan sedikit tips untuk pengguna Maverick baik untuk pemula maupun yang telah lama menggunakan Ubuntu pada rilis sebelumnya untuk melakukan kostomisasi dan Konfigurasi pertama yang diperlukan setelah Maverick berhasil diinstal di komputer.

Merubah Bentuk Tampilan

Perubahan yang cukup mencolok dari rilis Ubuntu 9.10 ke rilis Ubuntu 10.04 adalah tema “Humanity” yang selalu disertakan secara bawaan diganti menjadi tema “Ambiance” dan “Radiance”. Anda dapat mengubah tema bawaan Ubuntu dengan tema-tema kesukaan, baik yang disertakan dalam instalasi Ubuntu ataupun mengunduh di Internet. Untuk mengubah tema dapat dilakukan dengan mengakses menu “System >> Preference >> Appearance”. Ketika jendela “Appearance Preference” muncul, di tab “Theme” pilih tema-tema desktop yang disediakan.

maverick appearance
Mengatur bentuk tampilan

Selain memiliki fungsi untuk mengubah tema desktop, jendela “Appearance Preference” memiliki fungsi lain yang berhubungan dengan kustomisasi tampilan di setiap tab yang ada, di antaranya:

  • Tab “Background”: Untuk mengubah wallpaper latar belakang (background) di desktop
  • Tab “Fonts”: untuk mengatur ukuran, jenis dan resolusi huruf (font)
  • Tab “Visual Effect”: untuk mengatur efek desktop seperti efek 3D, pengoptimalan pengaturan ini tergantung dari kartu grafik (graphic card) yang terpasang di perangkat komputer

Ubuntu menggunakan lingkungan desktop GNOME, Anda mencari tema, background, skin dan semua yang berhubungan dengan tampilan GNOME dari: http://gnome-look.org/

Konfigurasi Jaringan

Kini, kebanyakan komputer telah terhubung ke jaringan Internet. Tentunya, komputer desktop harus menyediakan fasilitas konfigurasi jaringan yang mudah digunakan olen siapa pun. Oleh karena itu, Ubuntu menyediakan aplikasi Network Manager untuk memudahkan konfigurasi jaringan. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat perangkat keras jaringan yang terinstal, memilih jenis koneksi jaringan yang tersedia, melakukan konfigurasi, memilih jaringan wireless atau mobile broadband (GSM/CDMA/3G). Klik pada applet “Network Manager” yang ada di panel atas kanan, lalu pilih jaringan yang telah tersedia.

Untuk melakukan konfigurasi jaringan, klik kanan pada applet “Network Manager”, lalu pilih “Edit Connections”. Pada Jendela “Network Connections”, lakukan konfigurasi jaringan sesuai dengan koneksi jaringan yang tersedia di tempat Anda.

maverick network
Mengatur konfigurasi jaringan

Workspace (Ruang Kerja) dan Panel

Secara bawaan, Maverick menyediakan empat workspace (ruang kerja) desktop. Workspace adalah ruang kerja desktop di mana masing-masing jendela aplikasi bisa ditempatkan di workspace yang berbeda-beda. Anda bisa mengurangi atau menambah workspace sesuai kebutuhan dengan mengklik kanan di “Workspace switcher” di panel bawah kanan, lalu pilih menu “Preference”.

maverick workspace
Mengatur ruang kerja (workspace) desktop

Sedang panel digunakan sebagai tempat berbagai utiliti dan tempat menjalankan aplikasi. Maverick menyediakan 2 panel, di bagian atas diletakkan menu, shortcut icon, applet dan indicator, sedang di bagian bawah ditelakkan icon show & hide desktop, windows list, dan workspace switcher. Anda bisa menambahkan item panel dengan mengklik kanan pada panel, lalu pilih “Add to panel” atau menambahkan panel baru dengan memilih “New panel”.

maverick panel
Menambahkan item panel

Konfigurasi Aplikasi Startup

Fasilitas startup pada Ubuntu digunakan menjalankan aplikasi saat masuk (login) ke dalam lingkungan desktop secara otomatis. Biasanya, aplikasi yang dijalankan saat startup berupa aplikasi yang berjalan di belakang (background applications) artinya tidak ada tampilan berupa jendela atau antarmuka, bisa berbentuk service maupun applet.

Anda dapat mengatur aplikasi-aplikasi startup dengan fasilitas “Startup Applications Preference”. Fasilitas ini dapat dipanggil dari menu “System >> Preferences >> Startup Applications”. Dari jendela ini, Anda bisa menambahkan, menghapus, mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi startup. Sebagai contoh, dengan tidak ada device Bluetooth di perangkat komputer, Anda bisa menonaktifkan aplikasi startup “Bluetooth Manager”, dengan begitu Anda menghemat konsumsi memori dan sumber daya lain di komputer.

maverick startup
Mengatur aplikasi startup

Mengatur Perangkat Lunak di Ubuntu Software Center

Ubuntu menyediakan berbagai perangkat lunak bebas (free software) dari berbagai pengembang perangkat lunak bebas di seluruh dunia. Ketika Anda selesai menginstal Ubuntu, perangkat lunak yang disediakan dalam sistem operasi adalah aplikasi-aplikasi pilihan yang biasa digunakan untuk kebutuhan pengguna komputer desktop. Ubuntu menyediakan aplikasi Ubuntu Software Center untuk mengatur perangkat lunak yang ada di sistem operasi. Di aplikasi ini, Anda bisa menambah, menghapus dan memperbaharui paket perangkat lunak.

maverick software center
Ubuntu Software Center untuk mengatur perangkat lunak di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *