Komputasi Awan Personal (Personal Cloud Computing) Gratis dari Ubuntu

ubuntuone browser files thumb
Fitur Ubuntu One

Seperti pada tulisan sebelumnya tentang komputasi awan (cloud computing), teknologi ini membuat user dapat menggunakan sistem komputasi langsung lewat Internet (cloud). Tentu saja teknologi ini akan sangat menguntungkan pengguna dalam pengadaan kebutuhan sistem komputasi seperti perangkat lunak, perangkat keras dan infrastruktur lainnya, terlebih pengguna dapat menentukan sendiri layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Karena penyedia layanan jasa komputasi awan menyediakan pengadaan komputasi awan seperti infrastruktur, perangkat lunak dan perngkat keras, tentu saja pengguna harus menggelontorkan kocek untuk dapat menggunakan layanan teknologi yang lebih maju ini. Tapi jangan khawatir, Jika Anda pengguna sistem operasi bebas (free operating system) Ubuntu Linux, sistem operasi ini menyediakan layanan komputasi awan secara cuma-cuma bernama Ubuntu One yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Layanan dari Ubuntu One

Dengan layanan Ubuntu One, Anda diberikan penyimpanan di Internet (cloud storage) sebanyak 2 GB secara gratis. Layanan ini sangat menguntungkan bagi pengguna pribadi yang menginginkan penyimpanan di Internet secara cuma-cuma, baik untuk keperluan penyimpanan biasa, backup & restore dan lain sebagainya. Bukan sekedar tempat penyimpanan, layanan komputasi awan ini memungkinkan pengguna dapat mengakses dari perangkat bergerak (mobile device), untuk musik, sinkronisasi Note (catatan) dan bookmark. Anda bisa mengakses layanan Ubuntu One lewat iPhone, Android, Windows Mobile, dan perangkat handphone lainnya. Selain itu, Anda dapat memesan lagu sesuai dengan keinginan dan menyimpannya, atau jika penyimpanan sebesar 2 GB terasa kurang memenuhi kebutuhan, Anda bisa membeli tempat penyimpanan yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda menggunakan rilis Ubuntu terbaru, fitur untuk mengakses layanan Ubuntu One sudah terpasang secara bawaan. Fitur ini baru dapat Anda nikmati ketika Anda telah mengaktifkan fitur Ubuntu One di Ubuntu yang telah terinstal di perangkat komputer.

Menggunakan Ubuntu One di Ubuntu Linux

Untuk menggunakan layanan Ubuntu One, Anda dapat mengakses menu “System >> Preference >> Ubuntu One”. Akan muncul jendela “Ubuntu One Preferences”. Anda harus mempunyai account di Ubuntu One untuk menggunakan fitur ini.

ubuntuone window preference
Jendela Ubuntu One Preference

Jika ingin mengakses dari web, layanan ini dapat dikunjungi dari situs dengan alamat http://one.ubuntu.com

Mendaftarkan Account di Ubuntu One

Jika Anda pertama kali mengakses fitur Ubuntu One, akan muncul jendela “Create Ubuntu One Account” untuk melakukan pendaftaran account di Ubuntu One. Masukkan alamat email dan password yang digunakan sebagai informasi login agar bisa masuk ke layanan Ubuntu One. Jika Anda telah memiliki account di Ubuntu One atau di layanan Ubuntu, Anda bisa mengklik “Already have an account? ….” dan masukkan alamat email dan password.

ubuntuone window create1
Membuat account Ubuntu One

Setelah Anda memasukkan alamat email dan password dengan benar, Ubuntu One akan mengirimi kode verifikasi ke email. Buka kotak masuk email Anda, dan masukkan kode verifikasi pada tampilan jendela selanjutnya. Jika semua proses berjalan dengan lancar, layanan ini sudah dapat dinikmati dan terintegrasi langsung di Ubuntu Linux Anda.

ubuntuone-window-create2
Proses verifikasi pembuatan account Ubuntu One

Mengintegrasikan Ubuntu One di Ubuntu Linux

Ubuntu One langsung terintegrasi dan melakukan proses sinkronisasi ketika layanannya sudah aktif. Ubuntu One terintegrasi dengan File Manager (Nautilus), caranya dengan mengakses dari menu “Places >> Home Folder”, lalu klik folder “Ubuntu One”. Masukkan file-file yang ingin Anda simpan di Internet di folder “Ubuntu One”, secara otomatis, Ubuntu akan melakukan proses sinkronisasi dari sistem operasi Ubuntu ke layanan Ubuntu One di Internet.

ubuntuone-filemanager
Ubuntu One terintegrasi dengan File Manager Nautilus
ubuntuone browser files
Ubuntu One diakses lewat web

Bukan hanya sinkronisasi file, Anda bisa berbagi pakai file-file yang tersimpan di Ubuntu One ke teman-teman Anda yang sudah memiliki account. Ubuntu One juga telah terintegrasi Rhythmbox Music Player dan Tomboy Notes. Dengan begitu, kini Anda tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting, catatan-catatan berguna, atau koleksi musik, karena semuanya dapat disimpan langsung di Ubuntu One.

ubuntuone music one
Layanan Ubuntu One Music

One thought on “Komputasi Awan Personal (Personal Cloud Computing) Gratis dari Ubuntu

  1. Ping-balik: Rilis OpenSUSE 12.1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *