Bahas Unity pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

unity-launcher
Launcher pada Unity (sumber: ubuntu.com)

Yang berbeda pada rilis Ubuntu 11.04 adalah menyertakan Unity sebagai desktop session bawaan, tidak seperti rilis-rilis sebelumnya yang selalu menyertakan GNOME. Bagi kamu yang telah menggunakan Ubuntu Netbook 10.10, Unity bukan hal yang baru. Tapi bagi pengguna Ubuntu Desktop, kini harus berhadapan dengan Unity sebagai tampilan antarmuka, karena baik Ubuntu Netbook maupun Ubuntu desktop dijadikan satu paket rilis Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) dengan Unity sebagai tampilan antarmuka.

Tampilan GNOME sebagai tampilan antarmuka berbeda dengan Unity. Jika kamu menggunakan 10.10 Desktop yang ingin memperbaharui rilis Ubuntu 11.04, akan menemui perbedaan pada tampilan antarmuka desktop. Dengan Unity, desktop menjadi lebih sederhana dan mudah diakses, karena semua akses ke aplikasi, data dan konten diintegrasikan pada satu tempat. Pada Unity, fasilitas yang ada di antaranya Launcher, Dash, dan Workspace.

Launcher

Launcher terletak di panel sebelah kiri. Di Panel Launcher tersusun icon-icon aplikasi yang dapat dengan mudah dipanggil. Di dalamnya terdapat icon Home Folder, Workspace, aplikasi yang sering digunakan dan aplikasi yang sedang berjalan.

unity-launcher
Launcher pada Unity Ubuntu, terdiri dari icon home, workspace, dan aplikasi lain (sumber: ubuntu.com)

Setiap aplikasi yang sedang berjalan akan dimunculkan di Launcher sebagai icon aplikasi. Kamu dapat menambahkan aplikasi-aplikasi yang sering dijalankan ke dalam Panel Launcher. Klik kanan pada icon aplikasi yang ada di Launcher dan pilih “Keep in Launcher”.

unity-keep-launcher
Meletakkan icon aplikasi di Launcher agar aplikasi mudah dipanggil

Dash

Dash adalah fasilitas yang diberikan Unity Ubuntu sebagai tempat untuk memanggil aplikasi dan jalan pintas mengakses aplikasi serta melakukan pencarian aplikasi. Selain itu, dalam Dash juga kamu dapat mengakses secara cepat email, gambar, musik dan konten lainnya.

Menu yang sebelumnya ada di panel kiri atas digantikan oleh Dash, dan Dash dapat diakses dari logo ubuntu yang ada di panel kiri atas tersebut. Bagian search digunakan untuk melakukan pencarian, baik pencarian aplikasi, file, email, gambar, musik atau konten lainnya.

unity-dash
Dash pada Unity Ubuntu, memanggil aplikasi dan melakukan pencarian (sumber: ubuntu.com)

Workspace

Fitur lain yang ada di Unity Ubuntu adalah akses Workspace. Meskipun Workspace telah dikenal pada rilis Ubuntu sebelumnya, pada Unity akses Workspace menjadi lebih atraktif. Dengan fitur Workspace yang ada di Unity memudahkan pengguna untuk mengatur banyak window dan aplikasi.

Dengan mengklik ikon Workspace yang ada di Launcher. Klik workspace mana yang ingin diaktifkan atau pilih aplikasi yang berjalan dalam workspace.

unity-workspace
Workspace pada Unity Ubuntu (sumber: ubuntu.com)

Referensi:

One thought on “Bahas Unity pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

  1. saya mau tanya, ketika saya install natty narwhal ini, ada tulisan unity tidak ada atau gimana gitu saya juga lupa,, dan kemudian 11.04 saya ini tidak ada dash dan launchernya itu gimana ya??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *