Edubundu, Sistem Operasi untuk Pendidikan

edubuntu kalzium thumb
Kalzium, aplikasi komputer untuk Kimia

Komputer bukan saja dimanfaatkan dalam dunia usaha dan hiburan, dalam dunia pendidikan pun komputer dapat dijadikan sebagai alat bantu memudahkan belajar. Kini terdapat berbagai perangkat lunak dikembangkan untuk dunia edukasi, salah satunya Edubuntu. Sistem Operasi turunan Ubuntu ini ditujukan untuk dunia pendidikan, tersedia mulai dari prasekolah (preschool) sampai dengan tingkat universitas. Selain itu, Edubuntu ditujukan untuk siswa, guru dan orangtua untuk proses belajar, dan juga untuk pecinta perangkat lunak pendidikan.

Dibedakan Beberapa Tingkatan Pendidikan

Edubuntu menyediakan perangkat lunak / aplikasi komputer sesuai dengan jenjang pendidikan dan usia. Berikut daftar aplikasi yang ada di Edubuntu:

edubuntu kanagram
Kanagram, permainan kata yang diacak cocok untuk anak-anak di bawah 5 tahun (sumber: wiki.edubuntu.com)
  • Tingkat Prasekolah. Rangkaian aplikasi Edubuntu untuk tingkat prasekolah, aplikasi di dalamnya cocok digunakan oleh anak usia di bawah lima tahun (BALITA). Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain KAnagram dan KHangMan permainan kata yang diacak, GCompris yang menyediakan berbagai koleksi-koleksi permainan edukasi, TuxPaint sebagai aplikasi melukis dan lain sebagainya.
  • Tingkat Primer. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk usia antara 6 – 12 tahun. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain KTouch untuk belajar mengetik, KStars sebagai aplikasi planetarium, Kig sebagai aplikasi Geometrik, dan lain sebagainya.
  • Tingkat Sekunder. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk usia antara 13 – 18 tahun. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain Step untuk simulasi fisika, QCad sebagai aplikasi CAD 2 dimensi, KAlgebra sebagai aplikasi kalkulator grafik aljabar, dan lain sebagainya.
  • Tingkat Tersier. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk tingkat Universitas. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain Kalzium sebagai aplikasi untuk Tabel Periodik dan peralatan kimia, KmPlot sebagai aplikasi plotter matematika, dan lain sebagainya.
edubuntu kalzium
Kalzium, aplikasi komputer yang digunakan untuk mempermudah belajar Kimia

Aplikasi-aplikasi Gratis dan Dikembangkan Terbuka

Aplikasi-aplikasi yang ada di Edubuntu dikembangkan oleh komunitas terbuka (Open Source), dapat diunduh, dipakai dan didistribusikan secara bebas tanpa harus membayar lisensi. Meskipun aplikasi-aplikasi edubuntu dapat diperoleh secara gratis (dan bebas), bukan berarti kualitas aplikasinya tidak baik, karena aplikasi-aplikasi edukasi ini dikembangkan oleh berbagai pengembang di seluruh dunia dan disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan.

Edubuntu dikembangkan oleh pengembang terbuka di seluruh dunia, terutama oleh pengembang yang menyukai perangkat lunak untuk sistem pendidikan. Kamu pun dapat terlibat dalam pengembangan aplikasi untuk pendidikan di Edubuntu. Baik dalam pengembangan perangkat lunak secara langsung, menterjemahkan ke dalam bahasa setempat (lokalisasi), atau sosialisasi penggunaannya di dunia pendidikan.

 

Cara Mendapatkan dan Instalasi

Edubuntu merupakan sistem operasi yang dibundel di dalamnya paket-paket pendidikan, kamu dapat mendownload dalam bentuk ISO dari situs edubuntu.org, atau mirror lokal, atau beli di toko-toko online yang menjual CD / DVD Linux. Cara lain, jika di perangkat komputer telah terpasang sistem operasi Ubuntu, kamu dapat menginstal dari Ubuntu Software Center. Di Software Center, paket Edubuntu dibundel berdasarkan tingkat pendidikan, berikut paket-paket yang tersedia:

  • ubuntu-edu-preschool – Preschool, usia di bawah 5 tahun
  • ubuntu-edu-primary – Primary, usia antara 6 – 12 tahun
  • ubuntu-edu-secondary – Secondary, usia antara 13 – 18 tahun
  • ubuntu-edu-tertiary – Tertiary, untuk universitas

Di Ubuntu Software Center, masukkan pencarian “ubuntu-edu”, lalu pilih bundel aplikasi sesuai dengan tingkatan pendidikan yang kamu inginkan.

edubuntu software center bundles
Pencarian Ubuntu Edu di Ubuntu Software Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *