Publish (Menerbitkan) Album Foto Facebook lewat Shotwell

Shotwell Photo Manager

Shotwell adalah aplikasi photo manager (pengelola foto) yang disertakan secara bawaan di beberapa Distro Linux seperti Ubuntu dan Fedora. Aplikasi ini bermanfaat untuk mengelola foto atau gambar yang tersimpan di komputer. Fitur yang diandalkan di antaranya mengorganisir foto yang ada di folder atau yang diambil dari removeable device seperti Flashdisk, SD Card, ponsel dan lain sebagainya, kemudian memberi title / judul, tag / tanda, flag, rating, mengedit, bahkan menerbitkan (publish) ke Internet. Pada tulisan kali ini, Saung FOSS akan menjabarkan secara singkat salah satu fitur Shotwell untuk menerbitkan photo ke jejaring sosial Facebook.

Facebook merupakan jejaring sosial populer dengan ratusan juta pengguna, salah satu fitur yang ada di Facebook adalah berbagi foto ke teman-teman yang terhubung di jejaring sosial ini. Shotwell memudahkan pengguna facebook untuk menerbitkan foto langsung dari komputer desktop atau laptop, tanpa harus mengunduhnya dari situs Facebook.

Bukan hanya Facebook, Shotwell juga memberikan fitur publish ke situs berbagi foto (Photo Sharing) seperti Flickr dan Picasa. Tapi pada tulisan kali ini, Saung FOSS hanya memberikan tutorial sederhana fitur publikasi Shotwell untuk Facebook. Tapi tidak menutup kemungkinan tutorial ini juga dapat diterapkan untuk menerbitkan foto keĀ Flickr atau Picasa.

Mengatur Gambar / Photo

Pastikan Shotwell telah terinstal di komputer. Jika kamu menggunakan sistem operasi Ubuntu atau Fedora, Shotwell sebagai pengelola foto bawaan akan ikut terinstal saat menginstal sistem operasi tersebut. Untuk sistem operasi lain, Shotwell dapat diunduh dari http://yorba.org/shotwell/install/#source.

Pertama kali yang dilakukan adalah mengambil foto atau gambar yang ingin dipublikasikan. Pada contoh kali ini, koleksi screenshot Ubuntu diimpor dari folder. Mengimpor dari folder dapat dilakukan dari menu “File > Import From Folder”, kemudian pilih folder yang berisikan koleksi foto yang ingin dimasukkan ke dalam pustaka Shotwell.

shotwell-import
Import foto / gambar ke pustaka Shotwell

Setelah proses impor selesai, thumbnail foto yang tersimpan di Shotwell akan muncul di sebelah kanan. Berilah judul pada setiap foto yang dimasukkan di Shotwell. Klik kanan pada thumbnail foto, lalu pilih “Edit Title”, masukkan judul yang kamu inginkan dan ulangi pada setiap foto yang ada. Jika memungkinkan, kamu bisa memberi tag / tanda pada setiap foto yang ada.

shotwell-title
Memberi judul pada Shotwell

Publikasi Foto ke Facebook

Setelah pengorganisasian foto telah dilakukan, kamu dapat menerbitkan foto-foto yang telah diatur sebelumnya ke jejaring sosial Facebook. Pertama pilih foto-foto yang ingin diterbitkan, kamu bisa memilih dengan menekan tombol CTRL sambil mengklik pada foto atau CTRL + A untuk memilih semua foto. Klik icon Publish atau pilih menu “File > Publish”.

Pada kotak dialog yang muncul, pilih “Facebook” pada bagian “Publish foto to:”. Selanjutnya akan muncul halaman login Facebook, masukkan username dan password yang telah kamu daftarkan di Facebook. Ketika proses otentikasi akun berhasil, Facebook akan menanyakan permintaan izin untuk akses aplikasi Shotwell di Facebook, pilih tombol “Izinkan”.

shotwell publish
Jendela Publish di Shotwell
shotwell facebook access
Meminta izin akses Facebook

Foto-foto yang ingin diterbitkan dapat dimasukkan ke album yang telah dibuat sebelumnya di Facebook atau membuat album baru. Pilih album mana yang ingin ditambahkan foto-foto dari Shotwell pada bagian “Publish to an existing album” atau masukkan nama album baru pada bagian “Create a new album named”. Setelah selesai semua, klik tombol “Publish”, tunggu sampai proses publikasi selesai.

shotwell facebook album
Membuat album Facebook

Lihat Album Facebook di Web

Untuk melihat foto-foto yang telah diterbitkan di Facebook lewat Shotwell, kamu buka peramban web seperti Firefox atau Chrome, lalu masuk ke Facebook. Lihat apakah publikasi foto dari Shotwell berhasil. Selanjutnya kamu bisa mengatur ulang foto-foto tersebut lewat fasilitas album di Facebook.

shotwell facebook web
Melihat album yang sudah dibuat di Shotwell

One thought on “Publish (Menerbitkan) Album Foto Facebook lewat Shotwell

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *