Linux Mint 13 “Maya”

Linux Mint adalah salah satu turunan dari distro Linux Ubuntu, merupakan Sistem Operasi modern, elagan dan nyaman yang tangguh dan mudah digunakan. Dikembangkan sejak 2006, Linux Mint menjadi Sistem Operasi terbanyak ke-4 setelah Microsoft Windows, Apple Mac OS, dan Ubuntu. Pada tanggal 23 Mei kemarin, Linux Mint mengumumkan rilis terbaru Linux Mint 13 dengan codebase “Maya”.

Dalam rilis terbarunya, Linux mint memberikan 2 edisi lingkungan desktop (desktop environment), yaitu MATE dan Cinnamon. MATE merupakan cabang (fork) dari GNOME 2 yang sudah tidak dilanjutkan oleh pengembang GNOME, Linux Mint menawarkan produktifitas, stabil dan matang dalam desktop MATE 1.2. Sedangkan Cinnamon merupakan lingkungan desktop yang dikembangkan oleh Linux Mint, dikembangkan pada Clutter dan GNOME 3.

Fitur terbaru lain diantaranya Display Manager dengan MDM, didasarkan pada GDM 2.20, di dalamnya disediakan perkakas konfigurasi grafis, tema, akses jarak jauh (remote), login secara otomatis dan berdasarkan waktu, dan lain sebagainya. Linux Mint juga memberikan peningkatan Artwork, seperti pada tema dan latar belakang desktop.

Sama seperti distribusi Linux lain, Linux Mint menyertakan berbagai aplikasi di dalamnya, mulai dari aplikasi perkantoran sampai dengan aplikasi hiburan. Untuk aplikasi perkantoran, Linux Mint menyertakan LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran lengkap seperti pengolahan kata, pengolahan speadsheet dan presentasi. Aplikasi Internet di antaranya Mozilla Firefox untuk berselancar di Internet, Giver sebagai utilitas untuk file sharing yang cepat, Thunderbird untuk klien email, Pidgin sebagai aplikasi Instant Messenger. Aplikasi grafis yang disediakan antara lain GIMP untuk mengubah, konversi atau membuat gambar yang kegunaannya mirip dengan Photoshop. Untuk aplikasi audio dan video disediakan Movie Player yang dapat berjalan dengan berbagai format audio dan video, Banshee untuk mendengarkan music baik online maupun yang tersimpan di komputer, serta Sound Recorder untuk merekam suara.

linuxmint13 mate
Linux Mint 13 Edisi MATE (sumber: linuxmint.com)
linuxmint13-cinnamon
Linux Mint 13 Edisi Cinnamon (sumber: linuxmint.com)

Sumber:

  • http://blog.linuxmint.com/?p=2031
  • http://www.linuxmint.com/rel_maya_whatsnew.php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *