Membuat Diagram Dengan Dia

Dia Diagram
Dia Diagram

Bagi pekerjaan yang berhubungan dengan teknik, pembuatan diagram yang berbentuk simbol-simbol berisikan informasi-informasi dalam bentuk visual menjadi salah satu bagian dari tugas kerja. Pekerjaan tersebut di antaranya membuat topologi jaringan gedung, membuat alur proses, merelasikan entitas data, atau dalam software engineering merelasikan keterkaitan antar class dalam bentuk UML. Dia sebagai editor diagram mampu memudahkan pengguna dalam pembuatan diagram.

Dia mampu membuat berbagai diagram untuk berbagai kebutuhan. Di antaranya dapat menggambar diagram hubungan entitas, diagram UML, diagram alur, diagram jaringan, dan berbagai simbol diagram lainnya. Diagram yang dihasilkan disimpan dalam bentuk XML, dapat dikompress untuk menghemat penyimpanan, serta dapat diekspor ke berbagai format, di antaranya EPS, SVG, xfig, WMF dan PNG.

Program ringkas namun kaya fitur ini bisa menjadi alternatif dari program-program pembuatan diagram lain seperti Microsoft Visio. Tidak seperti program komersial yang ada, dengan berbagai fitur dan kemudahan di dalamnya, Dia dapat digunakan secara bebas dan dapat diunduh gratis.

Pembuatan Diagram di Dia
Pembuatan Diagram di Dia

Bebas Digunakan dan Mendukung Berbagai Flatform

Dia dapat diunduh gratis dari https://live.gnome.org/Dia/Download dan dapat digunakan secara bebas di komputer desktop. Dapat dipasang di Linux, Windows dan Mac OS X. Untuk pengguna Linux, dapat mengunduh dari Package Manager yang telah disediakan di Distribusi Linux atau mendownload source code dari situs Dia. Bagi pengguna Windows dan Mac OS X dapat mengunduh dari http://dia-installer.de/.

Menginstal Dia dari Ubuntu Software Center
Menginstal Dia dari Ubuntu Software Center

Mendukung Berbagai Bentuk Diagram

Walau Dia terlihat sederhana, namun aplikasi ringkas ini memiliki berbagai fitur dalam pembuatan berbagai bentuk diagram. Dia mempunyai dua bagian utama, Toolbox dan Canvas. Di bagian Toolbox, terdapat berbagai bentuk objek diagram dan dikelompokkan dalam Sheet, ada banyak Sheet dengan berbagai kebutuhan yang bisa dimanfaatkan pengguna dalam membuat diagram. Sedang bagian Canvas digunakan untuk menggambar diagram, objek diagram yang tersedia di Toolbox dapat dipilih kemudian digambar dalam Canvas. Ketika objek diagram sudah dimasukkan di Canvas, objek tersebut dapat diatur sedemikian rupa seuai dengan kebutuhan, setiap objek diagram memiliki Property untuk mengatur bentuk di dalam Canvas.

Berbagai bentuk objek diagram yang dapat dimasukkan dalam Canvas
Berbagai bentuk objek diagram yang dapat dimasukkan dalam Canvas
Membuat UML Class Diagram di Dia
Membuat UML Class Diagram di Dia

Simbol-simbol Diagram Lain dengan Diashapes

Selain objek-objek diagram yang disediakan bawaan program, Dia juga memiliki simbol-simbol tambahan yang dinamakan Diashapes. Simbol-simbol tersebut antara lain Automata, Building Site, Chemistry lab, Circuit 2, Digital, Electric 2 dan lain sebagainya. Diashapes dapat diunduh dari http://dia-installer.de/diashapes/index.html.en

Simbol-simbol diagram tambahan dengan Diashapes
Simbol-simbol diagram tambahan dengan Diashapes (sumber: dia-installer.de)

One thought on “Membuat Diagram Dengan Dia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *