Firefox 21 dengan Penambahan Situs Sosial dan Banyak Peningkatan

msnNOW sidebar pada Firefox
msnNOW sidebar pada Firefox

Sudah update Firefox kamu ke Firefox 21? Ada penambahan situs sosial yang dapat diintegrasikan langsung di Firefox Desktop. Jika pada rilis sebelumnya ada Facebook Messenger untuk Firefox, kini situs sosial lainnya seperti Cliqz, msnNow dan Mixi dapat diintegrasikan ke Firefox dalam bentuk sidebar. Bukan hanya penambahan penyedia situs sosial, Firefox juga meningkatkan fitur Do Not Track dan menerapkan Health Report.

Selain untuk Desktop, ada pula update Firefox untuk Android. Penambahan tersebut di antaranya membawa font open source Charis dan Open Sans, dapat menyimpan file media dengan ketukan (tap) lama, serta mengakses riwayat terakhir (recent history) melalui tombol back / forward.

Berbagai Penyedia Layanan Situs Sosial Terintegrasi dengan Firefox

Dimulai sejak rilis Firefox 17, Firefox mengembangkan Social API yang memungkinkan penyedia layanan situs sosial mengintegrasikan layanannya langsung dari Firefox. Facebook Messenger sebagai penyedia layanan situs sosial pertama yang memungkinkan penggunanya melakukan konversesi langsung lewat sidebar di Firefox. Bukan hanya konversesi, di dalam Facebook Messenger for Firefox juga bisa melihat notifikasi, permintaan pertemanan, dan pesan.

Pada rilis resmi terbarunya, Firefox membawa berbagai penyedia layanan situs sosial ke dalam Firefox dengan Sosial API. Penyedia layanan tersebut di antaranya: Cliqz, Mixi, dan msnNOW.

Sidebar msnNOW di Firefox 21
Sidebar msnNOW di Firefox 21

Tiga Kondisi pada Do Not Track

Fitur Do Not Track pada Firefox merupakan salah satu solusi untuk melindungi privasi pengguna. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengendalikan informasi yang dikumpulkan dan digunakan dalam pelacakan (tracking) oleh pihak ketiga untuk berbagai keperluan saat online, salah satunya untuk tujuan pengotimalan iklan.

Firefox 21 menambahkan tiga kondisi yang dapat dipilih pengguna dalam fitur Do Not Track. Fitur ini dapat diakses dari “Option >> Privacy”.

Tiga Kondisi Do Not Track pada Firefox 21
Tiga Kondisi Do Not Track pada Firefox 21

Penambahan serta perbaikan lain di rilis terbaru adalah fitur pemberian saran untuk meningkatkan waktu startup jika diperlukan, penerapan Health Report, penambahan elemen <main> pada HTML 5, dan lainnya yang dapat dilihat secara lengkap dari catatan rilis http://www.mozilla.org/en-US/firefox/21.0/releasenotes/

Update di Android

Untuk pengguna Firefox di Android, Update terbaru Firefox telah tersedia. Penambahan yang ada di antaranya membawa font open source Charis dan Open Sans, dapat menyimpan file media dengan ketukan (tap) lama, serta mengakses riwayat terakhir (recent history) melalui tombol back / forward.

Untuk lebih lengkap penambahan dan perbaikan pada Firefox for Android dapat dilihat dari catatan rilis http://www.mozilla.org/en-US/mobile/21.0/releasenotes/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *