Firefox OS, Sistem Operasi Mobile dari Mozilla

firefox-os
Firefox OS

Pengembang browser Firefox, Mozilla Foundation, mengembangkan system operasi perangkat bergerak (mobile) bernama Firefox OS. Sama seperti Android, Firefox OS berjalan di atas kernel Linux dan dikembangkan secara open source. Jika aplikasi yang berjalan di Android berbasis Java, aplikasi-aplikasi yang berjalan pada Firefox OS adalah aplikasi berbasis web yang dapat dikembangkan dengan HTML, JavaScript, dan komponen-komponen web lainnya.

Fitur-fitur untuk pengguna yang disediakan meliputi fitur social, foto, music & video, peta, pesan, dan berbagai aplikasi yang tersedia di marketplace. Firefox OS dapat terhubung dengan Facebook dan Twitter yang disimpan ke dalam kontak. Fitur foto yang dapat diambil dari kamera, kemudian dapat disunting sesuai keinginan. Untuk hiburan, Firefox OS menyediakan fitur radio, memainkan music dan video dalam satu tempat. Begitu pula untuk pesan, terdapat email dan pesan teks. Jika pengguna belum puas dengan aplikasi-aplikasi bawaan, terdapat berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang seluruh dunia di dalam marketplace.

firefox-os
Home Screen Firefox OS

Berbeda dari Sistem Operasi Lainnya

Firefox OS dibuat berbeda dari sistem operasi perangkat bergerak lainnya. Sama halnya dengan browser Firefox, sistem operasi ini pun non-profit, mengajak penggunanya bersama membangun masa depan web lebih baik. Dibangun oleh komunitas dan memberikan apa yang pengguna inginkan dan butuhkan. Firefox OS memberikan pengalaman browsing web sebelumnya ke dalam ponsel pintar.

Browsing halaman facebook di Firefox OS
Browsing halaman Facebook di Firefox OS

Vendor-vendor yang Berkerjasama dengan Firefox OS

Dalam mobile word congress pada Februari 2013 di Barcelona, Firefox menyebutkan bahwa LG, ZTE, Huawei dan TCL telah berkomitmen untuk mengembangkan perangkat yang menjalankan Firefox OS (Sumber: http://www.bbc.co.uk/news/technology-21522713). Dengan platform  berbasis aplikasi HTML5, sepenuhnya menggunakan standar web terbuka, membuat operator mudah menyesuaikan antarmuka dan mengembangkan layanan lokal yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan (sumber: http://blog.mozilla.org/press/2013/02/firefox-os-expansion/).

Tampilan berbagai aplikasi yang berjalan di Firefox OS
Tampilan berbagai aplikasi yang berjalan di Firefox OS

Mencoba Firefox OS

Untuk pengembang atau pengguna yang ingin menjajal Firefox OS, terdapat Firefox OS simulator yang dapat diunduh dari https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/firefox-os-simulator/. Simulator tersebut dapat dijalankan dari browser Firefox. Dokumentasi yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan aplikasi di Firefox OS dapat dilihat dari halaman https://developer.mozilla.org/en/docs/Mozilla/Firefox_OS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *