Thunderbird 3, Akses Email Menjadi Cepat, Fleksibel, dan Aman

Thunderbird 3, Akses Email menjadi kebih mudah, cepat dan aman

Dari sekian banyak e-mail client yang tersedia, Mozilla Thunderbird dapat diandalkan menjadi salah satu aplikasi email client modern yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi lewat layanan pesan elektronik. Bukan sekedar e-mail client, Thunderbird memberikan banyak fitur sesuai kebutuhan pengguna, mulai dari pengelolaan pesan yang masuk, pencarian pesan, pengarsipan pesan, sampai dengan kustomisasi tampilan dan add-ons yang disediakan baik disediakan oleh pengembang Thunderbird atau disediakan secara bebas oleh komunitas.

Mozilla Thunderbird kini telah dirilis versi 3, tentunya akan memberikan pengalaman berbeda dalam mengatur pesan-pesan elektronik Anda. Mulai tambahan fitur Tab & Search, Message Archive (Arsip Pesan), tampilan yang nyaman, sampai dengan keamanan pesan. Secara singkat, Saung FOSS memberikan gambaran singkat tentang Thunderbird 3 yang akan membuat Anda semakin nyaman mengatur pesan-pesan elektronik:

Tabs & Search

Berbeda dengan versi sebelumnya, Thunderbird 3 menyediakan fitur Tabs. Jika di versi sebelumnya ketika Anda membuka email yang masuk dari daftar Inbox atau Sent, pesan tersebut akan dimunculkan di halaman baru. Berbeda dengan Thunderbird 3, pesan tersebut akan dimunculkan di tab baru. Jika Anda menyukai tab yang ada di Firefox, tentu Anda akan merasa nyaman dengan tab di Thunderbird, karena akan menghemat jendela yang keluar di komputer desktop Anda.

Begitu pula dengan fasilitas search, dengan tampilan baru berisikan filtering dan timeline, akan memudahkan pencarian pesan Anda. Saat melakukan pencarian, hasil pencarian akan di munculkan di tab baru.

Arsip Pesan (Message Archive)

Pesan-pesan yang masuk dapat dengan mudah dikelola dengan arsip pesan. Fitur ini bermanfaat ketika pesan yang masuk di Inbox ingin dikeluarkan dari daftar pesan tanpa harus membuang email tersebut. Anda dapat mengarsip pesan-pesan penting Anda.

Tampilan Thunderbird

Sama dengan fitur Personas di Firefox, skin tampilan yang ringan dapat diubah sesuai dengan keinginan dengan mudah. Komputer desktop dewasa ini digunakan selain karena fungsionalitasnya, tentu juga kenyamanan dalam menggunakan, terutama jika pekerjaan membutuhkan Anda melakukan pengecekan pesan elektronik setiap saat. Anda dapat mengganti themes (tema tampilan) di Thunderbird.

Smart Folder

Jika Anda mempunyai account email lebih dari satu ingin dimasukkan dalam satu aplikasi klien email, Thunderbird menambahkan fitur menarik yaitu Smart Folder. Fitur ini mengatur pesan-pesan Anda dengan mengkombinasikan folder-folder penting seperti folder Inbox atau Sent. Anda akan menemukan pesan-pesan masuk di semua account email yang ada di folder Inbox, begitu pula untuk pesan keluar, semuanya tersimpan di folder Sent.

Add-ons Manager

Anda membutuhkan berbagai kebutuhan lain untuk memudahkan pengelolaan email Anda, Anda bisa dapatkan di Add-ons Thunderbird. Salah satu contoh adalah lightening, Add-ons Thunderbird untuk mengatur task, event, schedule dan calendar.

Dengan pengingkatan fitur Add-ons Manager, kini Anda dapat dengan mudah mencari add-ons apa saja yang Anda butuhkan langsung di Add-ons Manager tanpa perlu mencari di situs Add-ons Thunderbird. Untuk meyakinkan add-ons yang tersedia, di dalamnya sudah tersedia rating, rekomendasi, penjelasan dan gambar.

Keamanan

Thunderbird 3 memiliki fitur yang dapat mencegah email-email spam atau junk (pesan sampah), Anda hanya membuat marking pada pesan yang dianggap spam. Begitu pula untuk privasi pengguna dan mencegah gambar yang diambil secara remote. Selain itu peningkatan untuk mencegah pesan phishing (pesan palsu) dengan fitur Phishing Protection. Semua fitur-fitur keamanan disediakan untuk membuat Anda nyaman dan aman mengelola pesan yang keluar masuk ketika melakukan aktifitas.

Dan yang paling penting adalah lakukan update secara berkala, manfaatkan fasilitas Automated Update untuk memastikan Thunderbird yang Anda gunakan adalah versi terbaru, hal ini berguna untuk mencegah celah keamanan serta kesalahan aplikasi yang ada pada Thunderbird.

Tersedia di berbagai platform

Thunderbird tersedia di platform yang banyak dipakai pengguna komputer desktop, seperti Windows, Mac OS X, dan Linux. Selain itu pula mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Anda dapat download rilis terbaru Thunderbird di http://www.mozillamessaging.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *