Memperindah GNOME Terminal

terminal change thumb
Tampilan latar belakang transparan pada GNOME Terminal

Walau kini sistem operasi untuk komputer desktop sudah berbentuk grafik, tapi untuk keperluan tertentu perintah berbasis teks sebagai antarmuka mengoperasikan sisten komputer masih digunakan, terutama untuk kalangan administrasi sistem, pengembang, dan kebutuhan lainnya. Jika Anda menggunakan Ubuntu atau sistem operasi bebas lain dengan lingkungan desktop GNOME, biasanya aplikasi yang digunakan untuk menjalankan perintah-perintah shell adalah GNOME Terminal. Jika Anda terbiasa dengan command line di Windows yang biasa dipanggil dengan “cmd.exe” atau “command.exe”, GNOME Terminal mirip dengan itu. Bedanya, GNOME Terminal digunakan untuk menjalankan perintah-perintah shell di Linux, seperti bash, sh atau csh.

Biasanya, GNOME Terminal mempunyai warna latar belakang (background) hitam. Tapi untuk versi terbarunya, latar belakang yang biasa berwarna hitam dapat diganti dengan latar belakang berbentuk gambar atau dibuat transparan mengikuti latar belakang desktop. Hal ini dapat membuat Anda sedikit nyaman ketika sedang menjalankan perintah-perintah berbasis teks dengan menggunakan Terminal.

terminal default
Setting default pada GNOME Terminal

Berikut panduan ringkas bagaimana melakukan modifikasi GNOME Terminal agar lebih indah di lihat dan nyaman digunakan.

Mengatur Profile

Untuk mengatur bentuk tampilan pada GNOME Terminal menggunakan fasilitas “Profile” yang dapat diakses dari menu “Edit >> Profiles…”. Pada jendela “Profiles”, terdapat satu setting profile yang ada secara bawaan yaitu “Default”. Anda bisa membuat profile baru sesuai kebutuhan atau mengubah profile yang telah ada. Klik tombol “New” untuk membuat profile baru, klik tombol “Edit” untuk mengubah profile yang ada atau klik tombol “Delete” untuk menghapusnya.

Mengubah Latar Belakang (Background)

Baik saat membuat ataupun mengubah profile, akan muncul jendela “Editing Profile”, kemudian pilih tab “Background”. Ada beberapa opsi pilihan latar belakang, diantaranya:

1. Use background settings from system theme, menggunakan setting background dari sistem tema yang tergabung dalam sistem operasi. Jika opsi ini dipilih, maka opsi-opsi yang lain tidak dapat digunakan.
2. Solid background, menggunakan latar belakang dengan warna solid, seperti warna hitam penuh.
3. Background image, menggunakan latar belakang dengan gambar.
4. Transparent background, menggunakan latar belakang desktop.
5. Shade transparent or image background, mengatur ukuran transparansi. Pengaturan ini berlaku pada opsi “Background image” dan “Transparent background”.

Dalam contoh kali ini, menggunakan pilihan “Transparent background” dan ukuran “Shade transparent or image background” standar bawaan GNOME Terminal.

terminal profile
Mengatur latar belakang GNOME Terminal

Mengubah Huruf (Font)

Selain mengubah latar belakang, Anda juga dapat mengatur bentuk huruf (font) sesuai dengan keinginan. Jika ukuran huruf terlalu kecil, Anda bisa mengubah sesuai keinginan, atau jika ingin mengubah tipe huruf yang ada dengan yang lainnya. Pilih tab “General” pada jendela “Editing Profile”, kemudian uncheck opsi “Use the system fixed width font”, dan klik bagian “Font” untuk mengatur jenis dan ukuran huruf.

Fungsi Lainnya

Mungkin ada beberapa pengaturan lain di jendela “Editing Profile” yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Anda bisa melihat help (bantuan) yang diakses dari menu “Help >> Contents” atau secara online dari menu “Help >> Get Help Online”.

terminal change
Tampilan GNOME Terminal dengan latar belakang transparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *