Mengatur File Lebih Mudah dengan Extra Pane

nautilus-pane-two
Extra Pane di Nautilus pada Ubuntu 10.04

“View more files..”, itulah fitur yang ada pada Nautilus File Manager pada GNOME 2.30 dan versi yang terbaru, seperti yang tertuliskan dalam release note GNOME 2.30. Fitur ini baru ada sejak rilis GNOME 2.30. Jika Anda telah menggunakan Ubuntu 10.04 dan rilis terakhir 10.10, atau distribusi Linux yang menggunakan GNOME rilis 2.30 sebagai lingkungan desktop dan terbaru, maka fitur ini sudah bisa Anda nikmati.

Dengan Extra Pane, pane dari file manager dipisah menjadi 2 bagian. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa untuk pencarian, atau menyalin dan memindahkan file dan folder dari satu folder ke folder lain. Melihat dan mengatur file lebih mudah, pengguna bisa melihat isi file dan folder menjadi 2 bagian di satu file manager.

nautilus-pane-one
Nautilus File Manager dengan satu pane

Untuk mengaktifkan Extra Pane, dapat diakses dari menu “View >> Extra Pane”, atau menggunakan shortcut (jalan pintas) dengan menekan “F3” pada keyboard. Nautilus akan memunculkan dua pane di sebelah kanan sidebar. Pengguna dapat dengan mudah menyalin atau memindahkan file dan folder dari pane satu ke pane lainnya.

nautilus-pane-two
Nautilus File Manager dengan dua pane

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *