ClamWin, Antivirus Gratis dan Open Source untuk Windows

clamwin-scanning-thumb
ClamWin, Antivirus Gratis untuk Windows

Virus termasuk masalah utama dalam mengoperasikan komputer dengan sistem operasi Windows. Cara untuk mengatasi masalah virus tersebut adalah dengan memasang perangkat lunak antivirus. Begitu banyak produk-produk antivirus yang beredar di pasaran, mulai dari gratis maupun yang berbayar. Dari begitu banyak antivirus yang gratis, ClamWin salah satu produk antivirus untuk Windows. Bukan hanya gratis, ClamWin antivirus open source dengan pemasangan di komputer yang mudah dan ringan digunakan.

ClamWin Free Antivirus berbasiskan engine ClamAV, yang merupakan engine antivirus open source dirancang untuk mendeteksi trojan, virus, malware dan ancaman komputer berbahaya lainnya. Fitur ClamWin di antaranya:

  • Penditeksian tinggi terhadap berbagai virus dan spyware,
  • Penjadwalan scanning,
  • Pengunduhan otomatis terhadap update database virus,
  • Mempunyai scanner virus dan terintegrasi dengan Windows Explorer,
  • Add-in pada Microsoft Outlook untuk menghapus attachment yang terinfeksi virus secara otomatis.
clamwin explorer
ClamWin terintegrasi dengan Windows Explorer

Berikut adalah cara pemasangan ClamWin Free Antivirus untuk Windows:

Instal

Kamu dapat mengunduh gratis ClamWin dari situs clamwin.com. Lalu jalankan installer yang telah diunduh, ikuti langkah-langkah mudah pemasangan ClamWin di Windows.

clamwin install
Pemasangan ClamWin di Windows

Scan

Setelah pemasangan berhasil dilakukan, kamu dapat langsung melakukan scan komputer dari infeksi virus yang mungkin menyerang komputer. ClamWin memberikan jendela yang memudahkan pengguna melakukan scan setiap partisi yang terpasang di komputer. Pilih partisi  penyimpanan yang ada di komputer, lalu klik tombol “Scan”. ClamWin langsung melakukan scan partisi yang kamu pilih dari kemungkinan virus yang ada di komputer.

clamwin scan
Memilih partisi yang ingin discan
clamwin scan
Scanning partisi penyimpanan dari kemungkinan virus

Update

Dari waktu ke waktu, muncul berbagai jenis virus komputer. Untuk memastikan komputer kamu aman dari serangan virus-virus baru yang terus bermunculan, ClamWin harus diupdate secara periodik. Fungsi dari update adalah agar database virus yang ada di ClamWin selalu terbaharui, agar virus-virus baru dapat dideteksi. Untuk update, kamu membutuhkan koneksi Internet agar ClamWin mengecek apakah ada perbaharuan database di server ClamWin. ClamWin mempunyai fitur update secara otomatis, untuk update manual dapat diakses dari menu “Tools > Download Virus Database Update”

clamwin update
Perbaharuan ClamWin

Hosting Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *