LibreOffice, Paket Aplikasi Perkantoran Gratis

libreoffice-thumb
LibreOffice 3

Di setiap komputer desktop atau laptop, aplikasi yang hampir ada di antaranya pengolahan kata (word processing), lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi. Aplikasi-aplikasi ini digunakan baik untuk pengguna rumah, sekolah / kampus, sampai dengan dunia usaha. Biasanya digunakan untuk pengetikan, pengolahan data, dan presentasi. Aplikasi-aplikasi tersebut sering dipaket menjadi office suite atau Paket Aplikasi Perkantoran.

LibreOffice adalah salah satu produk paket aplikasi kantoran, sama seperti Microsoft Office yang banyak dipakai pengguna komputer. Aplikasi-aplikasi di dalam LibreOffice dapat digunakan secara bebas tanpa membayar lisensi, sehingga LibreOffice menjadi pilihan aplikasi kantoran selain produk-produk lain yang sejenis. Selain gratis, LibreOffice kaya fitur dan matang sebagai aplikasi produktifitas untuk komputer desktop.

Berikut adalah beberapa keunggulan LibreOffice yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menggunakan perangkat lunak ini sebagai seperangkat aplikasi produktifitas baik untuk pengguna pribadi, pengguna rumahan,  pengguna pendidikan, atau pengguna kantoran.

Aplikasi Lengkap

Writer adalah aplikasi pengolahan kata. Dapat digunakan untuk berbagai hal, dari sesederhana membuat surat sampai dengan membuat buku yang berisikan daftar isi, ilustrasi berbentuk gambar atau diagram. Selain itu, Writer juga bisa mengerjakan tugas-tugas untuk Desktop Publising seperti multi-kolom pada newsletter atau dalam pembuatan brosur.

LibreOffice Writer
Membuat Kolom di LibreOffice Writer

Calc adalah aplikasi pengolahan spreadsheet. Di aplikasi ini berbagai data dikumpulkan dan dianalisa dengan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan. Keluaran dalam bentuk chart atau perangkat analisis lainnya dapat membantu memberikan kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Calc juga memberikan formula-formula kompleks untuk pengolahan data yang disertakan sistem help agar memudahkan pengguna.

LibreOffice Calc
Pengolahan data pada spreadsheet dengan LibreOffice Calc (sumber: libreoffice.org)

Impress adalah aplikasi untuk presentasi. Aplikasi ini mudah digunakan, mendukung multimedia, dapat menjalankan animasi dan efek di presentasi. Pengguna dapat membuat berbagai presentasi profesional untuk rekan bisnis atau saat presentasi saat pertemuan.

LibreOffice Calc
Membuat Presentasi dengan LibreOffice Impress

Selain aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas, masih ada Draw untuk membangun diagram dan bagan, Base sebagai aplikasi pengolahan basis data, dan Math sebagai formula editor. Dengan Draw, mampu menghasilkan grafik dan diagram, mampu membuat sketsa mulai dari membuat sketsa sederhana sampai dengan yang perencanaan yang komplek. Sedangkan Base digunakan sebagai front-end basis data untuk desktop yang kaya akan fitur, pengguna mampu mambuat table, query, form dan report, serta mampu mengambil atau menghubungkan tabel dan query dari database MySQL, PostgreSQL dan sumber data lainnya. Dengan Math, pengguna dapat menuliskan notasi atau formula Matematika, kimia, kelistrikan atau bentuk ilmiah lainnya, dan dapat dimasukkan ke dalam pengolahan teks, spreadsheet, presentasi dan gambar.

LibreOffice Draw
Membuat Diagram dan Bagan dengan Draw (sumber: libreoffice.org)
LibreOffice Base
Base, Front-end basis data (sumber: libreoffice.org)
LibreOffice Math
Math, Formula Editor (sumber: libreoffice.org)

Mudah Digunakan dan Kompetibel dengan Aplikasi Perkantoran Lain

Jika pengguna telah terbiasa dengan Aplikasi Perkantoran seperti Microsoft Office, maka tidak akan menemui kesulitan saat menggunakan LibreOffice. Tampilan yang familiar serta mudah digunakan akan membuat pengguna seperti merasakan aplikasi-aplikasi perkantoran sejenis.

Pengguna yang mempunyai format file seperti doc, xls, docx atau docx tidak perlu khawatir ketika menggunakan LibreOffice. Format-format tersebut dapat dibuka bahkan diperbaharui dengan LibreOffice. Berbagai format-format file dari aplikasi perkantoran yang banyak digunakan dapat digunakan di LibreOffice. Namun demikian, secara bawaan file LibreOffice disimpan dalam format file-file OpenDocument, seperti odt untuk penolahan kata, ods untuk pengolahan spreadsheet, atau odp untuk pengolahan presentasi.

Bebas Digunakan dan Dikembangkan Secara Terbuka

LibreOffice bebas digunakan, tanpa harus membayar lisensi atau biaya tahunan. Siapa pun dapat mengunduh, memakai, bahkan mendistribusikan kembali tanpa harus melanggar lisensi.

Selain bebas digunakan, LibreOffice dikembangkan secara terbuka (open source). Ada jutaan pengembang di seluruh dunia berkolaborasi menghasilkan produk berbasis open source. Semua tergabung dalam komunitas besar dengan berbagai kemampuan dan ide-ide baru, siapapun dapat berkontribusi dalam komunitas sehingga menjadikan LibreOffice perangkat lunak berkualitas.

Mendukung Banyak Bahasa dan Banyak Flatform

Banyak pengguna di seluruh dunia menggunakan LibreOffice, tanpa batasan bahasa. LibreOffice mendukung lebih dari 30 bahasa di seluruh dunia, termasuk Bahasa Indonesia.

Selain itu, LibreOffice dapat diinstal di berbagai platform. Di antaranya Sistem Operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer seperti Windows, Mac OS X, serta berbagai distribusi Linux (Debian, Ubuntu, Fedora, Mandriva, Suse, dan lain sebagainya).

Mendapatkan LibreOffice

LibreOffice tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Linux, silahkan kunjungi http://www.libreoffice.org/download/ untuk mendapatkan rilis terbaru dari LibreOffice.

Referensi:
LibreOffice.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *