Transfer File Lewat Bluetooth

luetooth 6 thumb
Akses Bluetooth untuk transfer file

Hampir berbagai jenis handphone sekarang atau perangkat gadget lainnya telah dilengkapi fitur Bluetooth untuk bertukar file-file musik, gambar, atau video. Anda dapat memasukkan photo yang dihasilkan oleh kamera handphone atau kamera digital ke komputer atau memasukkan file-file musik atau video ke handphone atau perangkat MP3 atau MP4 Player dengan menggunakan teknologi Bluetooth sebagai media pemindahan data. Kini proses pemindahan data dengan Bluetooth dari komputer yang menggunakan Linux ke perangkat gadget Anda sudah menjadi lebih mudah.

Pada panduan kali ini, Saung FOSS menjajal mengakses file-file yang ada di handphone dari komputer dengan menggunakan media Bluetooth, Sistem Operasi Free yang digunakan adalah Ubuntu 10.04 dan handphone yang dijadikan percobaan adalah Sonyericsson K700i. Panduan ini juga bisa diterapkan pada Sistem Operasi Linux lain yang menggunakan lingkungan desktop GNOME, dengan kondisi fasilitas bluetooth dan appletnya sudah terinstal.

1. Masukkan Perangkat Bluetooth

Jika perangkat komputer / laptop sudah dilengkapi bluetooh, Anda hanya tinggal mengaktifkan fasilitas Bluetooth yang sudah tersedia, tapi jika komputer / laptop tidak ada perangkat bluetooth, Anda bisa colokkan perangkat Bluetooth ke USB, secara otomatis Indikator Bluetooth akan muncul di notifikasi Panel Atas jika perangkat Bluetooth sudah terpasang dan aktif.

indikator bluetooth
Indikator Bluetooth akan muncul ketika perangkat Bluetooth telah terpasang dan aktif

2. Setup Device / Perangkat Baru

Setelah Bluetooth aktif, langkah selanjutnya adalah mensetup perangkat Bluetooth Anda di Sistem Operasi. Klik Indikator Bluetooth, lalu pilih menu “Set up new device”.

Setup perangkat Bluetooth baru
Jendela setup perangkat Bluetooth baru

Klik tombol “Forward” pada Jendela “Bluetooth new device setup” yang muncul, lalu pada langkah selanjutnya akan mencari Bluetooth yang aktif, aktifkan fasilitas Bluetooth yang ada di handphone sampai terditeksi dan terlihat di daftar “Device Search”, sebagai contoh Device “K700i” yang dapat dilihat di gambar. Jika sudah muncul, pilih dan klik tombol “Forward”.

diteksi perangkat Bluetooth
Sistem akan mencari perangkat Bluetooth yang aktif dan memunculkan di daftar Device Search

Masukkan PIN yang diberikan pada tampilan Jendela selanjutnya, jika PIN yang dimasukkan di handphone benar maka device dari perangkat handphone telah dimasukkan dan kini dapat diakses lewat komputer.

memasukkan PIN bluetooth
Masukkan PIN di handphone sesuai dengan yang diberikan sistem

3. Mengakses File

Ada dua cara untuk mengakses device Bluetooth yang telah terdaftar, dapat mengakses dari menu “Browse files on device” dari menu Indikator Bluetooth, pada Jendela yang muncul, silahkan pilih device mana yang ingin diakses. Cara kedua dengan cara memilih nama device Bluetooth yang telah terdaftar dari menu Indikator Bluetooth, kemudian pilih “Browse Files”.

Browse bluetooth device
Pilih device Bluetooth mana yang ingin diakses
Browse bluetooth device
Akses device Bluetooth dari menu Indikator Bluetooth

Fasilitas Bluetooth di Ubuntu telah terintegrasi dengan File Manager (Nautilus), kini Anda bisa menyalin atau memindahkan file-file yang ada di Bluetooth ke komputer atau sebaliknya, sama seperti Anda melakukan salin atau pindah file melalui harddisk atau USB flash disk.

Browse File Bluetooth
Di File Manager (Nautilus), file-file yang ada di handphone dapat disalin atau dipindahkan dengan media Bluetooth

One thought on “Transfer File Lewat Bluetooth

  1. Saya memakai perangkat Nokia 6670 dan selalu gagal dalam pairing. Kira-kira apa yang bisa saya lakukan? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *