Catat di Awan (Cloud) dengan Tomboy Notes dan Ubuntu One

tomboy preferences sync all thumb
Tomboy Notes dan Ubuntu One

Kalau sebelumnya kamu harus menghabiskan banyak kertas untuk menuangkan ide ke dalam tulisan, atau untuk mencatat sesuatu sebagai pengingat pekerjaan, kini dengan adanya aplikasi Tomboy Notes, ide-ide kamu dapat dengan mudah diorganisasikan. Bukan hanya di komputer desktop, tulisan kamu dapat diakses di web dan juga melalui ponsel pintar (smartphone) berbasis Android.

Tomboy Notes adalah aplikasi ringkas untuk mencatat (note-taking) yang tersedia untuk Linux, Unix, Mac dan Windows. Walau ringkas, aplikasi ini kaya akan fitur dan akan sangat membantu menuliskan ide-ide atau sebagai catatan untuk pekerjaan.

Jika kamu pengguna Ubuntu, aplikasi ini selalu disertakan secara bawaan. Terlebih lagi aplikasi ringkas ini diintegrasikan dengan fitur Ubuntu One, fitur Personal Cloud Computing (Komputasi Awan Pribadi) di Ubuntu. Dengan begitu, catatan-catatan penting kamu dapat tersimpan di Internet, dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu takut kehilangan ide-ide kamu karena komputer diinstal ulang. Selain itu juga, dengan diintegrasikannya Tomboy Note di Ubuntu One, catatan kamu dapat diakses dari komputer desktop, laptop, web atau perangkat bergerak seperti tablet atau ponsel.

Berikut tutorial untuk mengintegrasikan Tomboy Notes dengan Ubuntu One agar bisa diakses di mana saja, kapan pun dan dari perangkat apa saja.

Sinkronisasi dengan Ubuntu One

Jalankan aplikasi Tomboy Notes, lalu pada pilih menu “Edit >> Preferences “. Pada jendela “Tomboy Preferences “, pilih tab “Synchronization”. Pilih “Tomboy Web” pada kotak pilihan “Service”, dan masukkan “https://one.ubuntu.com/notes/” pada kotak “Server”. Klik “Connect to server” untuk menghubungkan Tomboy Notes dengan layanan Notes pada Ubuntu One. Jika komputer kamu telah terhubung dengan Ubuntu One, maka layanan Notes sudah bisa digunakan, jika belum maka kamu harus menghubungkan komputer dengan Ubuntu One.

tomboy preferences sync
Kotak dialog Tomboy Preferences - Untuk mengintegrasikan dengan layanan Notes pada Ubuntu One

Jika komputer belum terhubung dengan Ubuntu One, Tomboy Notes akan memunculkan peramban web untuk log masuk ke dalam Ubuntu One. Masukkan Alamat Email dan Password, jika belum mempunyai akun di Ubuntu One, kamu dapat mendaftar secara gratis layanan ini.

tomboy one login
Log Masuk ke Ubuntu One

Selanjutnya, Ubuntu One akan memunculkan halaman “Confirm Computer Access”, masukkan nama komputer pada kotak “Computer Name”, lalu klik tombol “Add This Computer”. Jika tidak ada masalah, akan muncul halaman “Tomboy Web Authorization Successful”. Akhiri dengan mengklik tombol “Save”. Sekarang Tomboy Notes telah terhubung dengan layanan Notes pada Ubuntu One dan secara otomatis akan mensinkronkan catatan di Tomboy Notes dengan Ubuntu One. Untuk sinkronisasi manual dapat dilakukan dengan mengakses menu “Tools >> Synchronize Notes”.

tomboy one success
Otorisasi Tomboy Notes dengan Ubuntu One berhasil
tomboy preferences sync save
Proses sinkronisasi Tomboy Notes dengan Ubuntu One

Akses Notes dari Ubuntu One

Selain menulis catatan dari Tomboy Notes, kamu juga dapat menulis catatan langsung dari Ubuntu One di web secara online. Ketika Tomboy Notes telah disinkronisasikan dengan Ubuntu One, catatan-catatan yang tersimpan di Tomboy Notes akan tersimpan juga di Ubuntu One. Dengan begitu, ide-ide kamu bisa langsung tersimpan langsung di Internet, baik menggunakan Tomboy Notes di desktop maupun langsung menggunakan Notes di Ubuntu One secara online.

Notes di Ubuntu One dapat diakses di https://one.ubuntu.com/notes/, masukkan username dan password untuk masuk log ke halaman Ubuntu One. Jika masuk log berhasil, klik menu “Notes”. Kamu akan melihat catatan yang tersimpan di Tomboy Notes juga tersimpan pada Notes di Ubuntu One. Klik “Add notes” untuk menambah catatan baru, atau klik judul catatan yang telah disimpan sebelumnya untuk melihat atau untuk edit.

tomboy preferences sync all
Tomboy Notes yang tersinkronisasi dengan Notes di Ubuntu One

Akses Notes dari Perangkat Bergerak berbasis Android

Yang tak kalah menarik, Tomboy Notes yang telah disinkronisasi dengan layanan Notes di Ubuntu One dapat diakses langsung dari perangkat bergerak seperti tablet atau ponsel pintar (smartphone) berbasis Android. Dengan begitu, kamu bisa mengakses catatan-catatan langsung dari ponsel atau tablet, baik yang telah tersimpan di Tomboy Notes atau di web. Aplikasi ringkas tersebut bernama “Tomdroid”.

Aplikasi Tomdroid dapat dipasang melalui Android Market atau mengunduh langsung dari https://launchpad.net/tomdroid. Jika Tomdroid terpasang, sinkronisasi dengan Ubuntu One dapat dilakukan dengan cara memilih menu “Settings”. Pada bagian “Service”, pilih “Tomboy web”, dan pada bagian “Server” masukkan “https://one.ubuntu.com/notes”, lalu sentuh tombol “Authentication”. Tomdroid akan mengarahkan ke halaman web untuk log masuk ke Ubuntu One, jika berhasil Tomdroid secara otomatis akan mensinkronkan catatan yang ada di Ubuntu One. Saat tulisan ini dibuat, Aplikasi ini hanya bisa membaca catatan-catatan yang tersimpan pada Notes di Ubuntu One.

Tomdroid
Tomdroid, Tomboy Notes pada Android yang tersinkronisasi dengan Ubuntu One (Sumber: market.android.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *