Jalankan Aplikasi Desentralisasi (dApps) di Web Browser Menggunakan MetaMask

Membangun kota virtual terdesentralisasi di MegaCryptoPolis, membeli kucing kripto di CryptoKitties atau posting pesan ke sosial media berbasis blockchain di Peepeth. Semua aplikasi tersebut adalah aplikasi terdesentralisasi (decentralised applications disingkat dApps).

Berbeda dengan aplikasi yang terpusat (centralised applications), aplikasi terdesentralisasi tersimpan di blockchain dan dijalankan di dalam jaringan peer-to-peer. Selama ada sebuah node menyimpan salinan blockchain, aplikasi dapat mengelola basis data yang tersimpan di dalamnya. Salah satu blockchain yang dapat diakses publik dan banyak dikenal adalah Ethereum.

Untuk menjalankan dApps Ethereum dibutuhkan Browser yang dapat mengakses node blockchain Ethereum, salah satunya adalah MetaMask, plugin Web Browser (Firefox atau Chrome) sebagai penghubung ke node Ethereum. Dengan MetaMask, kita dapat menjalankan dApps Ethereum menggunakan Browser yang sudah familiar digunakan sehari-hari, tanpa harus menjalankan sebuah node Ethereum secara penuh.

Instalasi

Kunjungi website https://metamask.io/  dan unduh sesuai browser yang dinginkan seperti Firefox atau Chrome. Atau kamu bisa instal Brave yang sudah terpasang MetaMask dan dapat diaktifkan dari menu “Settings”.

Tampilan Mengaktifkan MetaMask di Brave

Membuat Akun

Icon MetaMask akan muncul di sebelah kanan atas Browser (di samping address bar) dan klik untuk menggunakan MetaMask.

Ketika pertama kali menggunakan, kamu harus membuat akun di MetaMask.

  • Masukkan password baru. Jika sebelumnya pernah membuat akun di MetaMask, klik “Import Existing DEN” untuk memasukkan 12 kata untuk menggunakan akun lama tersebut.
  • Simpan 12 kata tersebut di tempat yang aman, catat di buku atau di backup di disk eksternal. Akun ini akan menyimpan Ether (uang kripto), jika hilang maka kamu tidak bisa menggunakan akun yang telah dibuat di MetaMask beserta kehilangan Ether di dalamnya.
  • Ketika semua sudah selesai, akun kamu sudah siap dan kamu memiliki alamat Ethereum untuk menerima dan mengirim Ether.

Kirim Ether ke Akun MetaMask

Setiap transaksi yang dilakukan di blockchain Ethereum membutuhkan biaya beberapa Ether. Meski ada transaksi yang dilakukan oleh aplikasi secara gratis, tetapi untuk menyimpan data ke blockchain dibutuhkan biaya yang dikenal dengan GAS, GAS ini lah yang untuk membayar miner melakukan tugasnya di jaringan blockchain.

Kamu bisa membeli Ethereum dengan rupiah secara instan menggunakan Luno, atau jual beli Ethereum di exchange lokal seperti Indodax dan Coinone.

Kirim Ethereum yang telah dibeli ke alamat Ethereum MetaMask. Alamat Ethereum di MetaMask dapat dilihat dari menu Akun “Show QR Code”, salin atau scan alamat tersebut.

Setelah kamu memiliki sejumlah Ether, kini saatnya kamu membangun kota virtual terdesentralisasi di MegaCryptoPolis, membeli kucing kripto di CryptoKitties atau posting pesan ke sosial media berbasis blockchain di Peepeth. Ada ribuan dApps dan terus muncul dApp baru dari hari ke hari, kamu dapat mencari aplikasi terdesentralisasi menarik di sini: https://www.stateofthedapps.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *